Wajib Diketahui! 9 Cara Mudah Bersihkan Dispenser Galon

BNews—TIPS— Dispenser merupakan satu dari beragam peralatan di rumah yang sering kali disepelekan perawatannya padahal fungsinya sangat penting. Kita butuh dispenser sebagai media untuk menyalurkan air minum dari galon.

 Sudah seharusnya kondisi dispenser selalu bersih serta bebas dari kotoran. Jika dispenser tidak pernah dibersihkan dan selalu dibiarkan dalam keadaan kotor, maka kemungkinan besar berbagai kotoran tersebut akan ikut masuk ke dalam air yang kita minum.

Pada umumnya dispenser yang banyak digunakan terbagi dua jenis, yaitu dispenser galon atas dan dispenser galon bawah. Meski terkesan hanya berbeda soal posisi peletakan galon, ya, namun kedua jenis dispenser ini punya cara kerja yang sangat berbeda.

Hal ini pula yang membuat cara membersihkan masing-masing dispenser juga berbeda. Ingin tahu cara membersihkan dispenser yang benar supaya bebas kotoran serta terhindar dari bakteri dan kuman? Yuk, ikuti langkah mudahnya berikut ini!

1.Cabut stop kontak dispenser

Apa pun jenis dispenser yang kamu gunakan, nih, pastikan untuk mencabut stop kontak dispenser sebelum membersihkan. Selain memudahkan pekerjaanmu, tuh, hal ini juga bertujuan mencegah kamu kesetrum atau lebih parahnya lagi terjadi korsleting.

Nah, untuk dispenser galon atas kamu bisa langsung melepaskan galon kosongnya. Namun untuk dispenser galon bawah, ya, kamu harus melepaskan setiap komponen penyusunnya. Jangan lupa buka keran dispenser untuk memastikan tidak ada air yang tersisa di dalam dispenser.

2. Lepas komponen dispenser

Setelah melepaskan galon kosong, untuk dispenser galon atas, selanjutnya kamu bisa melepas penyangga galonnya. Lalu, kamu bisa langsung mencuci bagian ini menggunakan sabun cuci piring. Jangan lupa memakai spons atau sikat bersih untuk membersihkannya secara optimal.

Dispenser galon bawah sendiri tersusun dari berbagai macam komponen pendukung dan hanya 3 komponen yang harus kamu bersihkan secara rutin serta menyeluruh. Di antaranya badan dispenser bagian luar, keran dan katup dispenser, serta pipa penyedot airnya. Pastikan kamu melepaskan ketiga bagian tersebut, ya!

3. Persiapkan larutan pembersih dispenser

Untuk membersihkan dispenser, nih, pertama-tama kamu bisa menyiapkan larutan pembersihnya terlebih dahulu. Kalau mau yang alami kamu bisa menggunakan sari jeruk nipis yang sudah dicampur dengan air atau larutan sabun cuci piring lemon. Keduanya memiliki wangi citrus yang menyengat dan berfungsi sebagai penghilang bau tidak sedap yang menempel pada dispenser.

Kamu juga perlu menyiapkan air panas untuk mempermudah mengangkat noda-noda yang membandel. Selain itu air panas juga efektif untuk membunuh kuman-kuman yang hinggap pada bagian luar dispenser.

4. Resep larutan pembersih dispenser

Larutan pembersih dispenser yang paling bagus dan alami adalah menggunakan sari jeruk nipis yang dicampur air matang dengan perbandingan 1:2. Kamu juga bisa memberikan campuran cuka apel agar larutan lebih ampuh untuk membersihkan noda membandel.

Kalau tidak ada jeruk nipis, nih, gunakan sabun cuci piring lemon atau jeruk nipis dengan perbandingan yang sama. Alkohol juga bisa kamu pilih untuk membersihkan dispenser, namun kamu cuma bisa menggunakannya maksimal dua kali karena efeknya yang cukup kuat.

5. Bersihkan bagian dalam dispenser atau badan dispenser galon bawah

Bagian dalam dispenser pada dispenser galon atas dan badan dispenser galon bawah merupakan bagian yang paling gampang kotor sekaligus paling mudah dibersihkan.

Untuk dispenser galon atas, nih, kamu bisa langsung bersihkan dengan cara mengisi dispenser dengan larutan pembersih dan air panas. Setelah itu diamkan larutan pembersih tidak lebih dari 5 menit, lalu buang melalui keran dispenser.

Sedangkan untuk dispenser galon bawah, tuh, kamu bisa langsung lap badan dispenser menggunakan campuran jeruk nipis dan bilas menggunakan air panas sampai bersih.

Setelah itu kamu bisa lakukan pembilasan sebanyak empat kali menggunakan air matang untuk mengangkat sisa-sisa jeruk nipis atau zat kimia dari sabun cuci piring.

6.Membersihkan keran dan katup dispenser galon

Keran dan katup dispenser berhubungan langsung dengan air yang akan kita minum. Oleh karena itu, bagian tersebut harus sering kamu bersihkan setiap saat.

Jika memungkinkan, sih, lepas keran dan katup serta bagian penyangga gelas, lalu cuci menggunakan larutan pembersih dispenser tadi. Gunakan juga larutan pembersih dispenser yang terbuat dari perasan jeruk nipis karena bagian ini memang sebaiknya terhindar dari bahan kimia.

Kalau nggak mau repot kamu juga bisa, kok, membersihkan keran dan katup dispenser hanya dengan mengelapnya menggunakan tisu basah berbahan food grade.

7. Membersihkan pipa penyedot dispenser galon bawah

Perbedaan cara kerja dari dispenser galon atas dan dispenser galon bawah membuat dispenser galon bawah memiliki komponen lain yaitu pipa penyedot.

Nah, untuk membersihkan komponen ini, pertama-tama kamu bisa membuka badan dispenser dan ambil pipa tersebut yang berbentuk seperti huruf Z. Setelahnya lepaskan pengunci berbentuk seperti cincin bewarna biru dan lepaskan pipa penyedot (berbentuk huruf Z) dari pipa penyambung utama.

Setelah terlepas kamu bisa mencucinya menggunakan larutan pembersih dispenser sampai bersih dan bilas dengan air panas.

8. Pastikan semuanya kering

Setelah semua komponen selesai kamu bersihkan, nih, pastikan semuanya dalam kondisi kering sebelum kamu memasangnya kembali.

Keringkan semua komponen dispenser menggunakan lap kering yang bersih untuk memastikan tidak ada air atau sisa-sisa larutan pembersih pada permukaan dispenser, terutama bagian di dalamnya.

Setelah yakin semuanya kering barulah kamu bisa memasang kembali komponen-komponen dari dispenser yang sudah dibersihkan.

9. Bersihkan bagian Luar dispenser

Setelah bagian dalamnya bersih kamu juga nggak boleh lupa membersihkan bagian luar dispenser, dong.

Selain biar enak dilihat,ya,  hal ini juga membantu mengurangi pertumbuhan bakteri dan munculnya berbagai noda membandel yang akan merepotkan kamu di kemudian hari.

Kamu bisa bersihkan seluruh permukaan bagian luar dispenser menggunakan lap bersih atau lap sintetis hingga tidak ada kotoran yang tersisa.

Itu dia beberapa langkah untuk membersihkan dispenser baik untuk dispenser galon atas maupun dispenser galon bawah. Setelah selesai mengikuti berbagai langkahnya tinggal kamu pasang kembali galon baru dan dispenser kamu sudah siap digunakan.

Jangan lupa bersihkan dulu leher galon baru yang akan dipasang menggunakan tisu antiseptik khusus galon, ya!. (*)

Sumber: rukita

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: