Kronologi Mobil Fortuner Nyangkut Diatas Jembatan Rel Kereta Api di Banyumas

BNews–JATENG– Video mobil Toyota Fortuner warna hitam dengan nomor polisi (nopol) B 1549 NCO yang dievakuasi dari Jembatan Rel Kereta Api Kali Angin, Sumpiuh, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, Rabu (19/04/2023) siang viral di media sosial.

Krisbiyantoro, Manajer Humas PT KAI Daerah Operasi 5 Purwokerto menjelaskan, sebanyak 13 kereta api mengalami keterlambatan perjalanan akibat kejadian tersebut.

“Terganggu hanya 10 menit-an dan tetap bisa berjalan lancar dengan menggunakan jalur kiri,” ujarnya saat dihubungi Kompas.com, Rabu (19/4/2023).

Dikutip berbagai sumber, Video mobil Toyota Fortuner warna hitam dengan nomor polisi (nopol) B 1549 NCO yang dievakuasi dari Jembatan Rel Kereta Api Kali Angin, Sumpiuh, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, Rabu (19/04/2023) siang viral di media sosial.

Krisbiyantoro, Manajer Humas PT KAI Daerah Operasi 5 Purwokerto menjelaskan, sebanyak 13 kereta api mengalami keterlambatan perjalanan akibat kejadian tersebut.

“Terganggu hanya 10 menit-an dan tetap bisa berjalan lancar dengan menggunakan jalur kiri,” ujarnya saat dihubungi Kompas.com, Rabu (19/4/2023).

Namun tak disangka, sesampainya di perlintasan Kereta Api Sumpiuh, sopir tiba-tiba mengarahkan mobil masuk ke rel kereta.

DOWNLOAD APLIKASI BOROBUDUR NEWS (KLIK DISINI)

“Sopir membawa mobil masuk ke rel. Kata sopir, ‘Biar mati semua bersama’,” tutur Taqwa.

Para penumpang langsung panik. Namun, sopir tetap melaju di atas rel kereta api.

Setelah berjalan sekitar 1 kilometer jaraknya, ketika sampai di atas rel kereta Jembatan Sungai Angin, sopir banting setir ke kanan, hingga mobil berhenti dan melintang di tengah rel kereta api.

“Setelah mobil berhenti, sopir langsung kabur,” kata Taqwa.

Rabu (19/4/2023) Pukul 03:15 WIB

Menurut keterangan dari Krisbiyantoro, Manajer Humas PT KAI Daerah Operasi 5 Purwokerto, kronologi kejadian mobil Fortuner hitam menutup jalur kereta terjadi pukul 03.15 WIB di Tambak-Sumpiuh jalur hilir.

“(Kami) terima laporan dari Pengendalian Operasi KA yang meneruskan info dari petugas jaga lintasan (PJL) 501 antara Sph-Tbk, bahwa ada mobil Fortuner hitam nopol B 1559 NCQ dari arah barat menerobos palang pintu sisi barat masuk ke dalam perlintasan,” jelas Krisbiyantoro.

“Kemudian (mobil itu) berbelok ke kiri arah jalur hilir dan berjalan di atas jalur KA dengan kecepatan tinggi,” imbuhnya.

Setelah menerima laporan tersebut, pihak PT KAI Daerah Operasi 5 Purwokerto langsung berkoordinasi dengan dinas terkait.

Pukul 05:50 – 09:50 WIB

Pada pukul 05:50 WIB, petugas melakukan upaya evakuasi menggunakan derek dengan mobil jeep, masuk dari JPL 501.

Pukul 08:30 WIB, petugas sempat menghadapi kendala lantaran mobil jeep derek tidak mampu melanjutkan proses evakuasi.

Pukul 09:50 WIB, dikerahkan lokomotif untuk menarik mobil dari rel kereta api.

Pukul 11:43 WIB

Selama proses evakuasi menarik mobil dari rel kereta api, sempat terjadi kendala sling putus.

Namun, petugas evakuasi akhirnya berhasil membawa mobil Toyota Fortuner hitam itu keluar dari jalur kereta pada pukul 11:43 WIB.

“Selesai evakuasi pukul 11:43. Segera setelah mobil berhasil dievakuasi, (jalur rel kereta api) diperiksa oleh petugas unit jalan jembatan, dan dinyatakan aman untuk perjalanan operasi KA,” terang Krisbiyantoro. (*)

About The Author

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

error: Content is protected !!