Wajib Tahu, 7 Anjuran Amalan Mulia di Hari Jumat

BNews—MUNGKID— Hari Jumat merupakan hari yang sangat istimewa bagi umat Islam dibandingkan hari-hari lainnya. Keistimewaan hari Jumat karena memiliki nilai sejarah yang sangat berarti bagi Islam.

Abu Hurairah meriwayatkan bahwa Rasulullah SAW bersabda: Hari terbaik dimana pada hari itu matahari terbit adalah hari Jumat. Pada hari itu Adam diciptakan, dimasukkan surga serta dikeluarkan darinya. Dan kiamat tidak akan terjadi kecuali pada hari Jumat.

Di hari Jumat juga merupakan waktu yang mustajab untuk berdoa. Beberapa hadist mengatakan jika ada dua waktu yang mustajab untuk memanjatkan doa di hari Jumat.

Hari Jumat disebut sebagai sayyidul ayyam (penghulunya hari) yang artinya hari yang memiliki nilai istimewa di antara hari-hari lain dalam sepekan. Berikut 7 amalan  mulia yang sebaiknya dilakukan di hari Jumat:

Membaca Surat Al-Kahfi

Bagi umat Muslim yang membaca surat Al-Kahfi pada hari Jumat, maka ia akan disinari cahaya di antara dua Jumat. Rasulullah SAW bersabda: Barang siapa membaca surat al-Kahfi pada hari Jumat, maka Allah memberinya sinar cahaya di antara dua Jumat.

Perbanyak Dzikir dan Sholawat

Nabi menganjurkan untuk memperbanyak membaca salawat dan memperbanyak dzikir pada hari Jumat. Dzikir dan salawat juga bisa membantu dalam kesulitan di dunia maupun akhirat.

Memperbanyak Berdoa

Bagi umat muslim, tentu di hari lain pun juga dianjurkan untuk berdoa. Hanya saja di hari Jumat Rasulullah SAW menyebutkan keutamaannya. Meski tidak disebutkan kapan waktu secara pastinya, umat Islam disunahkan untuk memperbanyak memanjatkan doa di hari tersebut.

Membersihkan Diri

Sesuai sunnah Rasul, kita wajib membersihkan diri dengan mandi, memotong rambut, membersihkan kuku dan memakai minyak wangi bagi kaum laki-laki.

Bersedekah

Barangsiapa yang bersedekah pada hari Jumat maka pahalanya akan dilipatgandakan. Sedekah bisa berupa apa saja, seperti makanan, uang, pakaian dan lainnya.

Bersiwak, Memotong Kuku, dan Mencukur Kumis

Rasulullah shallallahu ’alaihi wa sallam selalu bersiwak, memotong kuku dan mencukur kumis setiap hari Jumat. Sebelum berangkat ke masjid untuk salat Jumat berjamaah.

DOWNLOAD APLIKASI BOROBUDUR NEWS (Klik di sini)

Selain itu, sebaiknya berwudu terlebih dahulu sebelum berangkat salat Jumat ke masjid karena ini juga merupakan amalan sunnah pada hari Jumat.

Melaksanakan Salat Sunnah Setelah Salat Jumat

Bagi laki-laki Muslim yang menunaikan salat Jumat, dianjurkan baginya untuk melaksanakan salat sunnah setelah salat Jumat. Ibadah sunnah anjuran Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam tersebut diriwayatkan oleh Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu dalam sebuah hadist:

”Jika salah seorang di antara kalian Salat Jumat, maka lakukanlah salat setelahnya empat rakaat,” (H.R. Muslim). (han)

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: