Warga Srumbung Berbondong-bondong Kunjungi Bunga Bangkai

BNews—SRUMBUNG— Warga Srumbung Magelang digegerkan dengan munculnya bunga raksasa di tengah kebun salak (14/11). Wujud bunga seperti bunga bangkai ini tumbuh besar diantar tanaman salak.

Bunga bangkai ini memang kerap ditemukan di beberapa wilayah di Magelang. Namun bunga yang mirip bunga bangkai ini ditemukan di lereng berat merapi yakni di wilayah Dusun Jrakah Desa Kaliurang Kecamatan Srumbung.

Ahmadin Tri Hartanto, 35 pemilik kebun sekaligus yang menemukan pertama kali mengatakan bunga berwarna merah marun tersebut berdiameter sekitar 40 cm dan tinggi sekitar 30 cm. “Bunga tersebut tumbuh belum lama ini. Saya saat bersih-bersih dahan salak kering menggunakan arit kaget karena melihat bunga berukuran besar tersebut,” katanya.

Sementara salah satu warga setempat, Sri Nastuti, menambahkan bahwa pemilik kebun tidak memangkasnya karena penasaran. “Bunga itu pun dibiarkan tumbuh di antara pohon salak yang berada di pinggir Sungai Wader itu,” imbuhnya.

Sejak temuan itu banyak warga berduyun-duyun datang untuk sekedar melihat atau memotretnya menggunakan kamera ponsel. Kebanyakan dari mereka penasaran sebab bentuk bunga itu sangat mirip dengan bunga bangkai yang tumbuh di Bengkulu, Sumatera.

“Jadi ramai yang lihat. Di sini baru kali ini bunga kayak gini muncul,” ujarnya.

Sejumlah warga pun terlihat berkerumun di sekitar lokasi bunga itu. Bahkan di antara warga yang penasaran itu ada yang berasal dari wilayah Yogyakarta.

“Sengaja lihat ini, penasaran setelah dari rumah saudara,” ujar Yunanti, salah satu warga Kecamatan Turi Sleman saat di lokasi.

Menurutnya, bentuk bunganya unik dan tidak memiliki bau. Ia menyebut bunga itu dengan bunga Suweg.

“Bunga ini biasanya tumbuh pada musim pancaroba atau sebelum musim hujan tiba dengan ukuran yang lebih kecil,” pungkasnya. (bsn)

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: