Wartawan Magelang Gelar Penanaman Pohon dan Pelepasan Burung di Telomoyo

BNews — NGABLAK — PWI Kabupaten Magelang menjadi yang terbaik se Jawa Tengah karena mampu bersigergi dengan semua kalangan. Hal tersebut diungkapkan Ketua PWI Jateng Amir Machfud ddalam acara Hari Pers Nasional (HPN) 2020 di Telomoyo Ngablak Magelang (22/2/2020).

“Khususnya sinergi dengan pemerintahan daerah dalam segala lini. Khususnya dalam Pariwisata selalu mereka dukung dengan berbagai cara, misal dengan lomba artikel wisata, one day tour dan lainnya,” kata Amir.

“Semoga HPN ini banyak anggota PWI menjadi wartawan inspiratif, yang mampu memajukan daerah ataupun negara,” imbuhnya.

Sementara ketua Panitia HPN 2020 PWI Kabupaten Magelang, Nina Hapsari mengatakan pada tahun 2020 ini, para jurnalis yang tergabung dalam Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) memasuki usia ke-74.

” Acara ini kami mengangkat tema besar Teknologi, Kreatifitas dan Integritas. Tiga kata ini bermakna bahwa di era  seperti ini, kita dituntut untuk lebih bijaksana dalam memanfaatkan teknologi, terutama terhadap informasi yang disampaikan kepada publik,” katanya.

“Wartawan dimana harus mengedepankan etika informasi yang aktual dan bukan berita bohong (Hoak). Secara kreativitas, kita juga dituntut untuk lebih dapat berkreasi dalam menyampaikan informasi melalui teknologi yang ada,” ujarnya.

DOWNLOAD APLIKASI BOROBUDUR NEWS (KLIK DI SINI)

Ia, mengungkapkan berangkat dari tiga hal tersebut, pers ingin mengajak masyarakat untuk back to basic atau kembali alam. Sehingga kemudian PWI Kabupaten tercetus ide untuk mengajak masyarakat untuk mencintai alam dengan tidak membuang sampah sembarangan di kawasan Gunung Telomoyo.

“Dimana dalam kegiatan ini juga ada acara menanam pohon dan melepas liarkan burung di Gunung Telomoyo,” ungkapnya.

Kegiatan ini, PWI Kabupaten Magelang mengambil tag line Ayo Menyang (Bukit) Telomoyo, Resik Gununge Mulyo Wargane (dan saya tambahi sendiri) Hebat Wartawane.

“Kenapa perlu saya tambahi dua kata terakhir tersebut, karena kami menginisiasi gerakan moral untuk lebih peduli terhadap lingkungan. Soal ini biar nanti Ketua PWI Kabupaten Magelang yang akan menjelaskan lebih lanjut,” tandasnya.

Hadir dalam acata tersebut, Bupati Magelang Zaenal Arifin yang memberikan apresiasinya kepada PWI Kabupaten Magelang. “Selamat hari lahir, dan terima kasih selalu bisa bersinergi dengan pemerintah daerah,” katanya didampingi jajaran Forkompinda.

“Terkait Pariwisata, memang saat ini Magelang khususnya lagi gencar persiapan kawasan strategis priotitas Borobudur. Peran teman teman media sangat penting dalam hal ini,” ujarnya.

Kegiatan selanjutnya adalah simbolis penanaman pohon oleh semua peserta yang hadir. Dari jajaran Polres Magelang 100 personil, TNI 100 personil, dan ratusan relawan dan warga.

Pelepas liaran burung dilakukan di bukit Telomoyo oleh jajaran tamu undangan dan PWI. Puluhan pasang burung perkutut dan jalak dikembalikan ke habitanya. (bsn)

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: