Waspada, Virus Antraks Sudah Menyerang Ternak di Jogja

BNews—GUNUNG KIDUL— Virus antraks serang ternak sapi dan kambing di Gunung Kidul Yogyakarta bulan Mei 2019. Pemkab Gunung Kidul berpesan masyarakat jangan panik.

Wakil Bupati Gunungkidul Immawan Wahyudi mengatakan Pemerintah juga berharap masyarakat mematuhi himbauan petugas. “Kami sudah mendapatkan laporan terkait temuan kasus antraks di wilayah desa Bejiharjo, oleh sebab itu saya minta masyakarkan jangan panik,” katanya.

Immawan juga meminta masyarakat untuk waspada karena antraks penyakit yang cukup berbahaya. “Virus penyakit ini termasuk bisa menular ke manusia. Namun demikian, pihaknya meminta untuk tidak panic” imbuhnya.

Sementara Dinas Pertanian dan Pangan, Dinas Kesehatan Gunung Kidul dan pihak kepolisian memantau menghindari penjualan hewan ternak. “Tidak boleh dijualbelikan, karena sudah jelas mengidap penyakit yang berbahaya. Termasuk melanggar hukum apapun termasuk membahayakan konsumen,” ungkap Kepala Dinas Pertanian dan Pangan, Bambang Wisnubroto.

Bambang juga mengaku sudah menindaklanjuti pascapenemuan lima ekor sapi dan dua kambing positif antraks di RT 3 Dusun Grogol 4, Desa Bejiharjo, Kecamatan Karangmojo. “Kami akan melakukan penyuntikan desinfektan ke wilayah terdekat dengan lokasi, sekitar 1 km dari lokasi ternak-ternak akan kami suntik,” imbuhnya. (Internet/bn1/bsn)

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: