Wawali Magelang Ajak Lansia Aktif Cek Kesehatan di Poslansia

BNews–MAGELANG— Perhatian Pemerintah Kota Magelang terhadap lansia terus ditingkatkan. Melalui poslansia diharapkan kesehatan orang lanjut usia ini bisa terpantau dengan baik.


Pagi tadi (7/3/2020) secara khusus Wakil Walikota Magelang Windarti Agustina mendatangi Pos Lansia Bunda Harapan Rw XII Kelurahan Tidar Selatan. Kegiatan di laksanakan di Balai Rw XII Kelurahan Tidar Selatan Kecamatan Magelang Selatan Kota Magelang.

Kegiatan poslansia tersebut rutin dilaksanakan setiap minggu pertama di awal bulan. Lansia diperiksa oleh tenaga medis di Puskesmas Magelang Selatan.


Tenaga medis Puskesmas Magelang Selatan, Endang Wuryaningsih mengatakan pemeriksaan diperuntukkan untuk warga pra lansia yang berumur dari mulai 45-59 tahun dan lansia yang berumur 59 tahun keatas.

Pemeriksaan dilaksanakan untuk mengetahui lebih dini penyakit yang mungkin diderita.
“Pemeriksaan untuk mendeteksi lebih dini kondisi lansia dan jika ada keluhan atau pemeriksaan lebih lanjut, kami rujuk ke puskesmas,” ungkapnya kepada Borobudur News.


Dia menjelaskan, pemeriksaan yang dilakukan antara lain mengecek tensi darah, berat badan, tinggi badan dan lingkar perut guna mengecek lemak pada Lansia. Lingkar perut normal antara 80-90cm.


“Selain memeriksa juga ada penyuluhan untuk menjaga kesehatan lansia dan senam otak untuk memperlambat kepikunan,” tutur Endang.


Wakil Walikota Windarti Agustina yang berkesempatan hadir ke pelaksanaan poslansia tersebut, mengikuti senam otak yang diinstruksikan oleh Endang. Windarti mengaku kegiatan tersebut merupakan kegiatan membantu program pemerintah untuk menjaga kesehatan masyarakat khususnya lansia.


“Dengan rajinnya (lansia) memeriksakan ke poslansia dapat mendeteksi dini penyakit-penyakit yang mungkin bisa diderita oleh lansia,” ucap dia.


Dia berharap untuk lansia bisa rajin memeriksakan kesehatannya guna menjaga kesehatan. (cr1/wan)

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: