WHO Siapkan Obat Kanker Payudara Terbaik dan Murah

BNews—HEALTH— Ancaman kanker payudara bagi para wanita membuat WHO terus bergerak. Organiassi kesehartan dunia itu memberikan konsen penuh untuk membantu para penderita kanker.

WHO mengumumkan untuk pertama kalinya menyetujui obat “biosimilar” – yang berasal dari sumber-sumber hidup daripada bahan kimia – untuk membuat perawatan kanker payudara terjangkau bagi wanita secara global.

Obat Trastuzumab telah menunjukkan “kemanjuran tinggi” dalam menyembuhkan kanker payudara stadium awal dan dalam beberapa kasus bentuk penyakit yang lebih lanjut, WHO mengatakan dalam sebuah pernyataan.

Tetapi biaya tahunan obat asli rata-rata $ 20.000, “Harga yang membuatnya jauh dari jangkauan banyak wanita dan sistem perawatan kesehatan di sebagian besar negara,” pernyataan itu menambahkan.

Namun, versi biosimilar dari Trastuzumab umumnya 65% lebih murah daripada yang asli. “Dengan daftar WHO ini, dan lebih banyak produk diharapkan dalam pipa prakualifikasi, harga akan turun lebih jauh,” kata WHO.

Obat bioterapi yang lebih murah, tetapi sama efektifnya dihasilkan dari sumber biologis seperti sel daripada bahan kimia yang disintesis.

Mereka biasanya diproduksi oleh perusahaan setelah paten pada produk asli telah kedaluwarsa. (her/wan)

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: