Wisatawan Luar Daerah Serbu Pasar Tradisi Lembah Merapi

BNews—DUKUN— Destinasi wisata kuliner tradisional di Pasar Tradisi Lembah Merapi ramai diburu wisatawan di musim libur Natal dan Tahun Baru 2020 ini. Mereka datang untuk menikmati dan bernostalgia dengan sajian kuliner kekunoan itu,

Pasar yang berada di puncak bukit Gunung Gono ini menawarkan nuansa wisata yang berbeda. Perpaduan wisata kuliner dan wisata alam ini memang banyak dicari wisatawan perkotaan.

Aneka makanan tradisional tersaji di pasar yang buka setiap Minggu ini., Mulai dari Sego liwet, sego jagung, soto bathok, serabi, cenil, gethuk, pecel, kupat tahu dan masih banyak lagi.

Untuk minuman  ada berbagai jenis. Mulai wedang jahe, wedang uwuh, badeg, dawet ayu, wedang jamu, aneka macam jenis kopi dan masih banyak ragam lainnya.

Bayu Sapta, pengelola Pasar Tradisi Lembah Merapi mengatakan masa liburan kali ini pengunjung meningkat hampir 50 persen. “Omset perputaran uang di Pasar juga meninggkat,” bebernya.

Menurutnya, mayoritas pengunjung berasal dari Luar Magelang. Mulai dari Semarang, Jogjakarta, Malang, Surabaya bahkan ada juga dari Sumatera. “Beberapa diantaranya memang singgah usai dari Candi Borobudur,” kata dia.

PADAT : Lokasi parkir Pasar Tradisi Lembah Merapi dipenuhi mobil dari luar daerah. (Foto : Pasar Tradisi Lembah Merapi)
Loading...

Yudi, 35 salah satu pengunjung  asal Malang Jawa Timur ini mengaku baru pertama kali berkunjung ke Pasar Lembah Merapi. “Konsep yang unik dan menarik di pasar ini karena tidak menggunakan plastik jadi bisa menjaga keasrian lingkungan, dan juga sangat mendukung keaslian tradisional nya” ungkapnya.

Sinta, 45, wisatawan dari Jogjakarta mengaku sengaja datang ke Pasar Tradisi Lembah Merapi karena melihat konsep dan lokasi yang menarik. “Ini bagus. Keren lah,” kata dia. (*/bn1)

Penulis : Wahid Fahrur Anas (Mahasiswa Magang IAIN Purwokerto)

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: