Yuukk… Liburan Ke Taman Wisata Air Kalibening Magelang

BNews—MAGELANG— Kabupaten Magelang memiliki banyak destinasi wisata yang menarik dikunjungi. Salah satunya Taman Air Kalibening yang berada di Desa Payaman, Kecamatan Secang, Kabupaten Magelang.

Obyek wisata ini memiliki berbagai fasilitas menarik, mulai dari kolam renang yang luas, wahana slide kids, gazebo, taman dan mata air yang jernih. Termasuk halaman parkir yang luas dan memadahi.

Selain air yang jernih, pengunjung yang datang pun akan disuguhi pemandangan alam yang menakjubkan.

Diantaranya view Gunung Sumbing, Gunung Sindoro, Bukit Giyanti dan hamparan pepohonan yang menyejukkan.

Diketahui, Taman Air Kalibening ini sempat vakum selama hampir 2 tahun akibat pandemi Covid-19 dan kembali buka mulai 3 Januari 2022 lalu. Di lokasi ini pun telah disediakan sejumlah tempat cuci tangan.

”Loket buka mulai pukul 07.00 -15.30 WIB dan tutup operasional pukul 17.00 WIB. Harga tiket per orangnya Rp20.000 dan Rp500 untuk asuransi. Sedangkan untuk anak dibawah 5 tahun, gratis,” kata Kepala DTW Taman Air Kalibening, Sugeng, Rabu (9/3/2022).

Dia menjelaskan, kapasitas maksimal pengunjung di Taman Air Kalibening sekitar 600 orang. ”Sini ramainya setiap hari Sabtu dan Minggu. Namun sejak dibuka Januari lalu, paling banyak pengunjung itu pernah hanya 125 orang,” jelasnya.

DOWNLOAD APLIKASI BOROBUDUR NEWS (KLIK DISINI)

Sugeng mengungkapkan, saat ini pihaknya masih fokus pada penataan khususnya area taman. Nantinya bisa menjadi spot selfi bagi pengunjung.

Jadi tempat wisata ini cocok banget bagi keluarga. Bisa berenang dan menikmati suasana yang berbeda dari lainnya.

Perlu diketahui luas objek wisata Kalibening adalah 2008 meter persegi. Air pada pemandian berasal dari sumber mata air besar yang terletak pada sisi timur sungai progo.

Tempat wisata ini memiliki satu gerbang utama dan setelah masuk pengunjung akan berjalan ke bawah menuju wahana yang ada pada tempat tersebut. Kalibening memang terletak lebih rendah daripada tanah pada bagian gerbang utama.

Untuk mencapai lokasi tersebut sangat mudah. Karena tidak jauh dari jalan raya Magelang – Semarang.

Jika ada dari arah Yogyakarta, bisa melalui jalan utama yakni menuju Semarang. Rute ini termasuk tercepat, jika lalu lintas lebih lengang.

Setelah sampai di lampu trafict light Payaman Secang ambil atau belok arah kiri. Jalan menuju Windusari.

Dari simpang tiga tersebut lurus saja sejauh kurang lebih 1,2 km. Nanti lokasi wisata air Kalibening berada di sisi  kiri jalan. (adv)

About The Author

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

error: Content is protected !!