10 Jenis Pemuda Sinoman di Hajatan Kampung Bikin Ngakak

BNews—BOROBUDUR Dalam setiap hajatan, utamanya di desa, sosok sinoman berperan sangat penting. Mereka bekerja suka rela membantu orang yang sedang mempunyai hajatan sebagai pelayan tamu.

Alih-alih menggunakan jasa wedding organizer atau katering, biasanya orang desa memanfaatkan tetangganya untuk membantu pelaksanaan sebuah acara. Biasanya, sinoman diisi oleh remaja pemuda kampung yang tergabung dalam karang taruna.

Anak-anak muda yang datang untuk mengikuti sinoman beraneka ragam. Mulai dari tipe rajin melakukan banyak pekerjaan hingga ada yang datang hanya untuk makan.

Seperti sebuah video pendek berdurasi 33 detik yang diunggah Juni Hartanto. Melalui aplikasi TikTok, pemilik akun @cakjuni ini mendefinisikan sepuluh tipe pemuda sinoman di acara hajatan.

”Tipe-tipe karang taruna saat sinoman di hajatan cheeeeeeeck,” tulisnya seperti dikutip Borobudur News, Minggu (3/1).

Cah Anyaran Isih Canggung’

Tipe pertama adalah sosok anak baru yang masih canggung. Biasanya orang ini banyak tersenyum sambil mengangguk kepada setiap orang yang melihat atau melewatinya.

Sinoman Sregep Diperintah Langsung Mangkat’

Ini adalah sosok pemuda yang sangat rajin. Setiap kali diperintah untuk melakukan suatu hal biasanya akan langsung dilaksanakan. Biasanya, sosok ini juga yang paling lelah diantara lainnya.

DOWNLOAD APLIKASI BOROBUDUR NEWS (KLIK DI SINI)

Sinoman Alim Idaman Ukhti’

Sosok satu ini, biasanya adalah pemuda yang memiliki karakter religius. Selain rajin berkunjung ke tempat ibadah, ia juga menggenakan atribut keagamaan dalam berpakaian. Jenis pemuda seperti ini tak jarang digandrungi oleh remaja putri.

Cah Senior Teko-Lungguh-Udut’

Pemuda jenis ini, adalah pemuda yang sudah berada diambang dewasa. Sosoknya sudah banyak dikenal dan dihormati oleh para pemuda. Ketika sinoman ia biasanya hanya datang lantas duduk dan merokok.

Seksi Kesejahteraan ’Tukang Adum Udut’

Jabatan ini menjadi salah satu jabatan yang paling banyak digemari atau diperebutkan. Pasalnya, pemegang jabatan ini bertugas untuk membagikan rokok kepada para pemuda yang ikut sinoman.

Sinoman Lumoh ’Diperintah Nglimpe Wae’

Pemuda satu ini biasanya akan melipir ke tempat lain ketika diberikan perintah untuk melakukan suatu hal. Aktifitasnya selama acara hanya bermain hp sambil mengamati teman-temannya yang bekerja.

Cokekers Goyang Mania

Dalam acara hajatan di desa, biasanya selalu ada acara hiburan dangdut. Pemuda sinoman selalu ikut meramaikan acara hiburan, terutama usai acara. Biasanya ada beberapa oknum yang asik bergoyang di depan panggung.

Seksi Pengawas Tamu ’Mata Dituntut untuk Jeli

Selain pemuda yang bertugas menjaga makanan, membagikan kepada tamu dan mendukung kebutuhan di balik layar. Ada juga pemuda yang bertugas untuk mengawasi tamu yang datang. Biasanya, posisi ini dimiliki mereka yang bermata jeli.

Ketua Pemuda ’Paling Mumet Dewe’

Anak-anak yang melakukan sinoman, biasanya tergabung dalam organisasi pemuda di tingkat desa, seperti karang taruna. Ketika ada hajatan ketua pemuda menjadi salah satu yang paling sibuk karena harus mengatur kinerja para anggotanya.

Sinoman dengan Motto ’Sing Penting Madyang’

Terakhir, adalah jenis pemuda yang datang acara sinoman dengan motto yang penting makan. Biasanya, ia sibuk mencoba beragam menu yang disajikan untuk tamu undangan langsung di dapur.

Sejak diunggah Senin, 31 Agustus 2020, video tersebut sudah mendapat lebih dari 840 suka, 47 komentar dan dibagikan 410 kali. (han)

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: