Fakta Menarik Kemenangan Timnas U-22 Indonesia di Final Sea Games 2023

BNews—OLAHRAGA— Babak final sepak bola putra SEA Games 2023 yang berlangsung di Olympic Stadium, Phnom Penh pada Selasa (16/5/2023) berhasil dimenangkan oleh Timnas U-22 Indonesia. Pertandingan antara Indonesia Vs Thailand ini berlangsung seru dan menegangkan.

Meski sempat diwarnai kericuhan antara pemain dan juga tim official kedua tim dan hujan kartu merah, Garuda Muda sukses membantai Gajah Perang Muda dengan skor telak 5-2 melalui babak extra time.

Kemenangan Indonesia pada ajang SEA Games ini mencetak sejarah baru untuk sepak bola Tanah Air. Indonesia berhasil merebut kembali medali emas yang sudah 32 tahun diperjuangkan.

Namun ternyata di balik kemenangan Timnas Indonesia ini menyimpan beberapa fakta unik yang tak terduga. Berikut beberapa fakta menarik kemenangan Timnas U-22 Indonesia yang dilansir dari Liputan6.com, Rabu (17/5/2023).

1. Unggul di Babak Pertama

Indonesia berhasil mengawali laga dengan baik. Ramadhan Sananta berhasil mencetak dua gol pada babak pertama pertandingan Indonesia vs Thailand. Gol pertama Sananta membobol gawang lewat lemparan ke dalam oleh Alfeandra Dewangga pada menit ke-21. Lemparan jauh Rizky Ridho juga berhasil mengantarkan Indonesia mendapatkan skor 2-0 lewat tendangan Sananta.

2. Sempat Memanas hingga Mendapat Kartu Merah

Laga final ini memanas penuh drama lantaran terjadi keributan antara pemain dan staf dari kedua tim negara. Usai Irfan Jauhari sukses cetak gol untuk Indonesia, terjadi adu pukul di antara staf ofisial. Dalam insiden tersebut, Sumadji selaku manajer Timnas Indonesia terjatuh lantaran dipukul.

Keributan itu berujung dengan kartu merah untuk ofisial dari kedua tim. Wasit Ali Al Hatmi juga memberikan kartu merah kepada kiper Thailand Soponwit Rakyart dan bek Indonesia Komang Teguh.

Tidak hanya itu, bek Thailand Jonathan Khemdee diganjar kartu kuning kedua lantaran berbenturan dengan Rio Fahmi. Hal tersebut membuat Thailand harus bermain dengan 9 pemain dengan Indonesia 10 pemain. Timnas Thailand kembali mendapatkan kartu merah untuk Theerasak.

3. Indonesia Cetak 5 Gol

Permainan apik disusul oleh Irfan Jauhari yang mencetak gol ke gawang Thailand saat babak tambahan waktu. Hasil skor yang menjadi 3-2 tersebut memberikan semangat bagi Timnas Indonesia. Serangan bertubi-tubi dilakukan pemain Indonesia ke pertahanan Thailand.

Indonesia pun kembali mencetak gol dari Fajar Fathur Rahman pada menit ke-107, memperjauh skor menjadi 4-2. Pada menit-menit terakhir, Beckham Putra menutup laga Indonesia vs Thailand dengan skor 5-2 lewat tendangan mulusnya ke gawang lawan.

4. Emas Ketiga

Medali emas SEA Games 2023 menjadi yang ketiga sepanjang sejarah yang diraih Timnas Indonesia. Sebelumnya, Indonesia meraih medali emas dari cabang olahraga sepak bola pada edisi 1987 dan 1991. Pencapaian ini cukup membanggakan karena mengakhiri perjalanan panjang.

Kini, Timnas Indonesia sejajar Vietnam yang juga meraih tiga medali emas pada SEA Games. Adapun Thailand masih menjadi tim tersukses di SEA Games. Thailand tercatat mengoleksi 16 medali emas sepanjang sejarah keikutsertaan SEA Games. (*)

About The Author

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

error: Content is protected !!