10 Warga Kulon Progo Keracunan Massal Usai Makan Tempe Benguk

BNews—JOGJAKARTA— Sepuluh warga Pedukuhan Trukan, Kalurahan Kulur Kapanewon Temon dilarikan ke rumah sakit usah mengeluh diare dan muntah. Mereka diduga keracunan makanan setelah makan tempe benguk.

Kasubbag Humas Polres Kulonprogo, IPTU I Nengah Jeffry mengatakan, peristiwa terjadi Selasa malam (9/2). Usai menerima laporan, petugas piket Reskrim Polres Kulonprogo langsung mendatangi ke TKP.

Sepuluh orang yang diduga keracunan makanan masih satu keluarga dan tinggal di wilayah Pedukuhan yang sama. Mereka adalah Muh Dahlan, 48; Tri Utami, 39; Sujilah, 61; Slamet (68); Subari ,71; Anisa Hidayati, 17;Rukiyem, 72; Suratmi, 53; Suparmi, 51 dan Fadhil Dwi Cahyo, 11.

Kejadian ini bermula saat penjual sayur keliling, Sarmi menjenguk saudaranya, Suprapti dan membawakan oleh-oleh tempe benguk. Suprapti kemudian membagikan makanan tersebut kepada anaknya, Pujiyanto dan Muh Dahlan yang kemudian disantap bersama keluarga.

Beberapa saat usai menyantap makanan, mereka merasakan mual dan diare. Adanya gejala tersebut, mereka kemudian periksa ke sejumlah tempat. Diantaranya di bidan Yanti Kulur, bidan Kartiyem Tawangsari, Rumah Sakit PKU Muhammadiyah Wates dan Rumah Sakit Rizki Amalia Temon.

”Sembilan warga menjalani rawat jalan, satu warga atas nama Fadhil Dwi Cahyo, meski kondisinya sudah membaik harus opname di Rumah Sakit Riski Amalia Temon. Kejadian ini masih dalam penyelidikan. Korban belum bisa dimintai keterangan karena saat petugas datang sudah istirahat,” terangnya. (han)

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: