Daftar Wisata di Magelang yang Sudah Mulai Dibuka

BNews–MUNGKID– Pandemi covid-19 membuat semua destinasi wisata di Kabupaten Magelang untuk tutup sementara. Hal tersebut dilakukan guna mencegah penyebaran virus mematikan tersebut.

Namun, memasuki tatanan kenormalan baru (New Normal) beberapa tempat wisata di Kabupaten Magelang sudah mulai dibuka.

Namun tentunya tetap mengedepankan protokol kesehatan dan mengantongi izin beroperasi dari Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan (GTPP) Kabupaten Magelang.

Untuk izin wisata dibuka tersebut mengacu kepada SE Nomor 440.1/1623/01/02/2020.

Hal itu Tentang Mekanismen Penerapan Persiapan Menuju Tatanan Kenormalan Baru Produktif dan Amakn Covid-19 di Kabupaten Magelang.

DPD PKS Magelang Ramadhan

Dan hingga 18 Juli 2020, menurut penelusuran Borobudurnews.com , tempat wisata di Kabupaten Magelang yang sudah mengantongi izin beroperasi ada beberapa.

Berikut lokasi wisata tersebut :
1.Desa Bahasa Borobudur

Desa Bahasa Borobudur salah satu elemen pendidikan untuk ikut serta mencerdaskan anak bangsa. Berlokasi di Desa Ngargogondo Kecamatan Borobudur ini, tempat wisata sekaligus pendidikan.

Beberapa paket khusus paska pandemi covid juga sudah disiapkan. Mulai beroperasi dengan prtokol kesehatan yang  sudah disiapkan.

2.Bukit Rhema (Gereja Ayam atau Rumah Doa Seribu Umat)

Salah satu bangunan yang wajib kalian kunjungi saat ke Magelang ini adalah Gereja Ayam yang terkenal sebagai salah lokasi pembuatan film AADC ini. Lokasi ini sudah mulai buka 10 Juli 2020 lalu paska tutup karena pandemi covid-19.

Buka dengan protokol kesehatan penuh juga dijalankan oleh pengelola lokasi wisata ini yang berlokasi di Karangrejo Gombong, Kurahan, Kembanglimus, Borobudur. Namun dalam tatanan baru ini mereka libur setiap hari Selasa.

3.Candi Borobudur

Wisata ini memang sudah terkenan seantero Dunia. Sempat berkali-kali melakukan simulasi new normal, wisata ini sudah mulai beroperasi kembali dengan protokol kesehatan dan pembatasan waktu dan pengunjung.

Bukan selama enam hari dalam seminggu, karena setiap hari senin wisata ini dijadwalkan libur selama tatanan baru ini. Pengunjung juga dibatas 1500 orang setiap harinya dibagi dua sesi, yakni pagi dan sore.

Namun hingga berita ini dirils, pengunjung belum bisa menaiki bangunan Candi Borobudur. Wisatawan hanya maksimal berada di zona 1 Candi Borobudur, yakni dibagian bawah teras candi.

4.Candi Mendut

Candi ini juga berada tidak jauh dari Candi Borobudur. Sekitar 3 km dari Candi Borobudur jaraknya, karena berlokasi di Kelurahan Mendut Kecamatan Mungkid Magelang.

Mulai buka dan beroperasi dengan protokol kesehatan selang beberapa hari setelah Candi Borobudur dibuka.

5.Candi Pawon

Candi ini juga tidak jauh dari Candi Borobudur. Bahkan lebih dekat daripada dengan Candi Mendut.

Lokasi ini buka dan beroperasi berbarengan dengan candi Mendut. Penerapan protokol kesehatn juga tetap dilakukan.

6.Obyek Wisata Alam Jurang Jero

Wisata alam satu ini berlokasi di lereng Gunung Merapi. Tepatnya kawasan Balai Taman Nasional Gunung Merapi (BTNGM) di Kecamatan Srumbung Kabupaten Magelang.

Lokasi ini beroperasi kembali setelah beberapa waktu lalu dilakukan simulasi new normal yang dihadiri langsung Bupati Magelang. Penerapan protokol kesehatan juga diberlakukan kepada pengunjung mulai dari pintu masuk kawasan.

7.Telomoyo

Kawasan pegunungan di perbatasan wilayah Magelang dengan Semarang ini memang terkenal dengan kawasan diatas awan. Melalui jalur Dusun Dalangan Desa Pandean Kecamatan Ngablak, wisata ini mulai beroperasi kembali setelah tutup karena pandemi covid.

Simulasi pembukan sudah dilakukan, dan langsung dihadiri Bupati Magelang saat itu. Protokol kesehatan dimulai dari loket pembelian tiket hingga pembatasan jumlah pengunjung setiap harinya.

Sepeda motor juga bisa naik hingga puncak Telomoyo. Paket Jeep Adventure juga ada jika kalian rombongan ingin naik bersama-sama.

Itulah beberapa tempat wisata yang resmi beroperasi kembali di Kabupaten Magelang. Dan tentunya resmi mengantongi izin beroperasi dari Tim GTPP Kabupaten Magelang. (bsn)

2 Comments
  1. Nugroho says

    Pemerintah daerah agar .enibjau ulang tiket masuk bebeapa yg bukan dikelola oleh Pemda magelang. Salah satunya adalah bukit tema nilai jual wisata tidak sebanding dengan objek wisata yang di jual (30 RB)

    Mosok sama/setara dg candi Borobudur yg merupakan 7 keajaiban dunia

    saya warga sekitar Borobudur beberapa kali mengajak temen dr luar kota Magelang
    .Merasa kecewa dg tiket yg di bukit tema terlalu tinggi

  2. Devi says

    Terima kasih informasinya…di tunggu update tempat wisata magelang yang sudah mau buka lagi yaa….

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: