22 Seniman Ramaikan Pameran ’New World’ di Borobudur

BNews—BOROBUDUR— Puluhan seniman dari berbagai kota di Indonesia meramaikan pameran lukisan di Limanjawi Art House, Borobudur, Kabupaten Magelang. Pameran bertema ’New World’ ini akan dibuka untuk umum mulai 22 Desember hingga Februari 2021.

Pameran lukisan yang menampilkan 24 karya seni rupa ini dibuka langsung oleh pemilik Museum OHD Magelang, dr Oei Hong Djien, Minggu (20/12). Sementara itu, 22 seniman dari Borobudur, Jogjakarta hingga Jakarta ambil bagian dalam pameran.

Pembukaan pameran yang dikemas sederhana ini menampilkan pertunjukan seni oleh KSBI 15. Berkolaborasi dengan pantomime Jemek Supardi.

Ketua Komunitas Seniman Borobudur Indonesia (KSBI) 15, Umar Chusaeni menuturkan, pembukaan pameran kali ini berbeda dari tahun-tahun sebelumnya. Hal ini karena pandemi Corona Virus Disease 2019 atau Covid-19 masih berlangsung.

”Dalam pembukaan pameran ini, kami tidak mengundang tamu. Hanya diikuti kalangan internal peserta pameran saja. Namun tentunya dalam pelaksanaan menjaga protokol Kesehatan,” kata Umar.

Seniman yang juga pemilik Limanjawi Art House ini mengimbuhkan, pemeran bertema ’New World’ ini akan dilangsungkan selama tiga bulan. ”Meski dibuka pada hari ini,. Pengunjung baru bisa menikmatinya pada 22 Desember 2020 hingga Februari 2021,” imbuhnya.

Sementara itu, Oei Hong Djien menyampaikan jika selama pandemic, para seniman mebih banyak waktu untuk berkarya. ”Mereka kali ini harus betul-betul serius membuat karya dengan sebaik-baiknya karena kalua hanya biaa-biasa saja tidak akan diminati,” ungkapnya.

Tambah dia, pandemi virus corona bukan menjadi suatu kendala dalam berkarya. Namun sebaliknya, menjadi inspirasi bagi seniman.

Selain diuji teknik juga intelektualitasnya. Termasuk kreativitas dan semua diberi waktu banyak untuk diendapkan dan diekspresikan.”jadi pandemi covid ini ada hikmahnya juga bagi seniman untuk berkarya lebih baik lagi,” pungkasnya. (han)  

Kaos Deglang

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: