Jadi Mensos, Tri Rismaharini Bakal Hapus Bansos Tunai

Bnews—NASIONAL—Menteri Sosial (Mensos) Tri Rismaharini atau Risma membuat kebijakan baru terkait bantuan sosial. Ia menyebut bahwa nantinya tidak ada bantuan langsung tunai dan digantikan dengan bentuk elektronik.

Risma mengatakan bahwa nantinya, akan menggunakan teknologi informasi. Sehingga semuanya bisa transparan, termasuk dengan bantuan sosial (bansos), yakni penerima tak membutuhkan orang ketiga untuk mendapatkan bansos dari Kementrian Sosial (Kemensos).

”Tidak akan ada bantuan kas. Jadi bantuan langsung akan kita hapus, semua transaksi online. Jadi tidak perlu ketemu dengan siapapun dan uang itu akan dikelola dengan transparan. Kami menggunakan Teknologi dan Informasi sehingga bisa dilihat siapapun,” ungkap Risma pada Rabu, (23/12/2020). Dikutip dari Pikiranrakyat.com.

Risma menjelaskan bahwa dirinya akan mempelajari dulu masalah yang ada di Kemensos. Ia menyebut, untuk membenahi masalah pendataan di Kemensos tak akan membutuhkan waktu yang lama.

”Kalau pengalaman saya membetulkan data asal tidak ada inputan baru itu cepat sekali,” ujarnya.

Lanjut dia, permasalahan data tersebut dapat lebih cepat diselesaikan bila daerah juga bisa cepat melakukan perbaruan data. Selain itu, Risma juga akan menggandeng pihak ketiga yakni Perguruan Tinggi. Nantinya sebagai evaluator dalam mempermudah kebijakan-kebijakan yang akan diambil selama dirinya menjabat sebagai Mensos.

”Kita akan kerja sama dengan Perguruan Tinggi untuk mengecek itu, kami bukan tidak percaya tapi perlu ada pengawasan,” pungkasnya. (mta)

Loading...
Kaos Deglang

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: