4 TPS di Kabupaten Magelang Lakukan Coblosan Ulang

BNews—MAGELANG— Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Magelang menggelar Pemungutan Suara Ulang (PSU) di empat Tempat Pemungutan Suara (TPS) pada Minggu (18/2/2024).

Adapun PSU tersebut meliputi di TPS 011 Desa Mangunsari, Kecamatan Sawangan, TPS 006 Desa Candimulyo, Kecamatan Candimulyo dan TPS 013 Desa Gandusari, Kecamatan Bandongan serta TPS 901 atau TPS di lokasi khusus yang berada di Van Lith Muntilan.

Ketua KPU Kabupaten Magelang, Ahmad Rofik mengatakan bahwa pelaksanaan PSU di empat TPS ini dilatarbelakangi oleh sejumlah faktor.

”Di Mangunsari dan Bandongan itu sama kasusnya. Orang ber-KTP di luar Magelang menggunakan hak pilihnya di situ (TPS),” katanya, di sela-sela pemantauan PSU di TPS 006 Dusun Ngleses, Desa Candimulyo, Kecamatan Candimulyo, Minggu (18/2/2024).

Kemudian di TPS lokasi khusus SMA Van Lith Muntilan, ada kesalahan dalam pemberian surat suara yang tidak sesuai dengan daerah asal.

”Contohnya dia (pemilih) berasal dari luar provinsi, diberi lima surat suara. Kalau dari luar provinsi itu pasti hanya dapat satu surat suara presiden dan wakil presiden saja,” jelar Rofik.

IKUTI BOROBUDUR NEWS di GOOGLE NEWS (KLIK DISINI)

Sementara di TPS 006 Desa Candimulyo, Kecamatan Candimulyo, ditemukan adanya selisih surat suara di TPS tersebut. Lanjut Rofik, PSU di TPS tersebut dilakukan pemilihan presiden dan wakil presiden, DPR RI, DPRD Provinsi Jateng, DPRD Kabupaten Magelang.

Selanjutnya di TPS 013 Desa Gandusari, Kecamatan Bandongan dan TPS 011 Desa Mangunsari, Kecamatan Sawangan untuk pemilihan presiden dan wakil presiden. Untuk di TPS 901 lokasi khusus di SMA Pangudi Luhur Van Lith, Muntilan untuk pemilihan DPR RI, DPD, DPRD Provinsi Jateng, dan DPRD Kabupaten Magelang.

Divisi Perencanaan dan Logistik, KPU Provinsi Jateng Basmar Perianto Amron mengungkap bahwa PSU di wilayah Jateng digelar serentak pada Minggu (18/2/2024).

”PSU ini bisa dilakukan di hari kerja, di hari libur, maupun hari yang diliburkan. KPU Jateng menggelar serentak pada Minggu (18/2/2024). Terkait logistik untuk PSU sudah disediakan dan siap,” ungkapnya.

Tambahnya, ada 26 TPS di 18 kabupaten/kota di Jawa Tengah yang menggelar PSU. Rata-rata disebabkan adanya pemilih yang menggunakan hak suaranya tak sesuai dengan alamat sesuai KTP-nya. (mta)

About The Author

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: