Terkait Video Viral Event Kerumunan Di Sleman, Satpol PP Segera Tindak Lanjuti

BNews–JOGJA– Beredar Video orang berkerumun dan joget bareng viral di media sosial. Lokasi joget bareng yang terlihat tanpa jaga jarak itu, diduga di Sleman City Hall (SCH), Kabupaten Sleman.

Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol-PP) setempat memastikan, segera menindaklanjuti video tersebut.

“Sedang kami kroscek dulu. Kita lihat situasi laporan dari rekan yang ke sana. Masih kami konfirmasi dulu, bener enggak,” terang Plt Kepala Satpol-PP Sleman, Susmiarto, (17/6/2021). dikutip tribun.

Susmiarto menjelaskan, kegiatan di masa pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) skala mikro harus menerapkan protokol kesehatan.

Hal itu untuk menekan laju penyebaran COVID-19, minimal menerapkan 5 M, yakni Memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, menjauhi kerumunan serta membatasi mobilitas dan interaksi.

Sesuai ketentuan, agar bisa saling menjaga jarak, maka kapasitas ruang juga harus diatur.

Apabila itu tidak bisa dipenuhi, maka kegiatan seharusnya tidak diperbolehkan.

Disinggung izin kegiatan, Susmiarto mengatakan kegiatan tersebut mungkin saja sudah ada izinnya, tapi bukan kepada jajarannya, melainkan satgas penanganan COVID-19.

Pihaknya mengaku akan mendalami kejadian yang viral tersebut. Apabila terbukti melanggar maka sesuai aturan, ada sanksi.

“Sanksinya sesuai mekanisme. Misalnya teguran, tertulis, dan penutupan. Kan gitu, tahap-tahap sesuai ketentuan peraturan perundang-undangannya, begitu. Apalagi protokol kesehatan udah ada peraturannya,” ujar Susmiarto.

Pihaknya mengaku berpedoman pada aturan PPKM Mikro. Di mana kegiatan sosial kemasyarakatan sebenarnya sudah diperbolehkan untuk dilaksanakan.

Tapi harus ada pembatasan sesuai dengan ketentuan yang berlaku. “Boleh, tapi ada pembatasan. Kuncinya itu,” ujar dia.

Diketahui, media sosial diramaikan dengan adanya unggahan dari merapi_uncover yang berdasarkan keterangan, bersumber dari twitter @cuitanjojo.

Dalam postingan itu, menampilkan video kerumunan orang banyak dan joget bersama.

Caption postingan itu menerangkan bahwa itu adalah even cosplay dan budaya populer Jepang dan dilaksanakan di Sleman City Hall, Yogyakarta pada hari Minggu, (13/6/2021).

Saat dikonfirmasi, Public Relation Sleman City Hall (SCH) Uray Dewi Utami belum bisa memberikan banyak keterangan.

“Ini sedang dikoordinasikan,” ujar dia. (*)

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

%d blogger menyukai ini: