Di Magelang ada Sekitar 40 Kelompok Penghayat Kepercayaan

BNews–MAGELANG– Mahkamah Konstitusi memutuskan negara harus mengakui para penganut aliran kepercayaan diluar lima agama yang sudah ada. Keputusan ini pun disambut baik para penghayat kepercayaan di Magelang.

 

“Kita bersukur keputusan MK tersebut. Kita akan segera sosialisasikan kepada teman teman penganut kepercayaan di Magelang,” kata Humas Kelompok Penghayat Kepercayaan, Pahoman Urip Sejati Magelang, Tutur Agung Nugroho, siang tadi.

Tutur mengatakan di Magelang sendiri ada sekitar 30-40 kelompok penghayat kepercayaan yang tersebar di Kota dan Kabupaten Magelang. Seperti Pahoman Urip Sejati, Ngesti Kasampurnan, Pangestu, Sapto Darmo, Palang Putih Nusantara, dan lainnya,” sebut Begawan.

Sebagian besar penghayat kepercayaan, lanjutnya, selama ini terpaksa bergabung dengan keyakinan lain karena masih adanya pandangan negatif terhadap mereka.

“Sejauh yang sering saya lihat, mereka ingin kembali (status penghayat kepercayaan). Tapi karena merasa masih terdiskriminasi, masih dibilang klenik, musrik, akhirnya mereka bertahan. Dengan diperbolehkannya penghayat kepercayaan masuk kolom agama, ini menjadi sebuah pengakuan,” terangnya.

Diharapkan, masyarakat bisa lebih memahami, bahwa penghayat kepercayaan juga merupakan bagian dari keyakinan. Mereka tidak boleh dipandang sebelah mata, apalagi didiskriminasi. (bn1)

“BACA BERITA WISATA TERKEREN DI MAGELANG”

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: