5 Cara Mengenalkan Musik pada Anak Sejak Usia Dini

BNews—TIPS— Mengenalkan musik pada anak sejak dini bukan hanya sekedar untuk bersenang-senang. Musik bisa menjadi salah satu bagian penting dari proses pembelajaran anak.

Selain itu, musik juga memiliki manfaat yang baik bagi perkembangan dan pertumbuhan anak. Tentunya mengenalkan musik pada anak di usia muda memang menjadi tantangan sendiri.

Nah, agar perkenalan Si Kecil dengan musik bisa berjalan dengan baik, sebaiknya lakukan berbagai kegiatan seru agar anak tertarik untuk mengenal musik. Berikut kegiatan seru yang bisa digunakan sebagai langkah mengenalkan musik pada anak, seperti:

1. Ajarkan anak menari

Ibu bisa mengajak anak untuk menari atau menggerakan badan saat mendengar musik. Mulailah dari musik anak yang sering didengar. Kebanyakan musik anak memiliki tarian-tarian khusus yang bisa dilakukan bersama antara orang tua dan anak. Cobalah untuk mengikuti tarian tersebut.

Jika anak sudah mulai mahir untuk menari satu lagu, ibu bisa mencoba untuk mengenalkan jenis lagu dan tarian yang lainnya. Selain membuat anak mengenal musik, kegiatan menari juga bisa membantu meningkatkan kemampuan motorik anak dan melatih rasa percaya diri.

2. Berikan mainan dengan instrumen musik

Mainan menjadi salah satu hal yang menarik untuk anak-anak. Tidak ada salahnya mencari mainan yang dapat mengeluarkan suara-suara musik. Akan lebih baik, jika mainan yang ibu berikan pada anak bisa membuat instrumen musik sederhana.

3. Bermain permainan dengan musik

Ibu juga bisa mengajak anak bermain sambil diiringi musik sederhana. Misalnya, anak-anak harus terus bergerak saat ibu memutar lagu, kemudian saat musik dihentikan, anak juga harus berhenti bergerak. Jangan lupa untuk memberikan hadiah sederhana pada pemenang permainan sederhana ini.

4. Kenalkan beragam musik sejak dini

Ibu juga bisa mengenalkan musik saat sedang bersantai atau beristirahat. Ibu bisa memutar jenis musik yang sesuai dengan kondisi. Saat ibu dan anak sedang istirahat, cobalah untuk memutar lagu yang berirama lembut dan tenang. Begitu juga saat ibu sedang berkegiatan bersama anak, ibu bisa mencoba putar lagu yang berirama lebih cepat.

5. Kunjungi acara musik

Mengunjungi acara musik tidak selalu menghadiri konser. Ibu bisa mengajak anak untuk melihat pertunjukkan musik di pusat perbelanjaan. Selain itu, beberapa komunitas musik tradisional juga kerap mengadakan pertunjukkan. Bukan hanya mengenalkan musik, orang tua juga bisa langsung mengenalkan alat-alat musik tradisional sejak dini.

Itulah kegiatan untuk kenalkan musik pada Si Kecil. Sebelum berkegiatan, pastikan anak dalam kondisi sehat dan tidak mengalami berbagai keluhan kesehatan. Segera ke rumah sakit jika anak mengalami keluhan kesehatan yang tidak kunjung membaik. (*)

Sumber: halodoc.com

About The Author

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

error: Content is protected !!