5 Tips Memotret Makanan yang instagramable Menggunakan HP

BNews—TIPS— Instagram merupakan salah satu platform media sosial berbasis foto dan video yang populer. Para pengguna bisa melihat estetika beragam foto, salah satunya foto makanan.

Belakangan ini, memotret makanan sebelum menyantapnya sudah menjadi hal yang umum. Nah berikut ini beberapa tips mengambil foto makanan yang keren dan instagramable menggunakan handphone (HP)

1. Gunakan cahaya alami

Pengaturan pencahayaan dapat mempercantik atau malah merusak foto makanan. Sebaiknya, gunakan cahaya alami karena cahaya buatan dapat membuat makanan terlihat tidak menarik dan tidak menggugah selera.

Hal ini termasuk lampu dalam ruangan maupun menggunakan flash kamera. Jika mengambil foto makanan, kamu bisa memosisikan makanan dekat dengan jendela. Namun, jika kamu mengambil foto makan malam dengan penerangan lilin, sangat sulit untuk mendapatkan cahaya alami.

Untuk menyiasatinya, alih-alih menggunakan flash, lebih baik untuk meminta bantuan seseorang menyalakan senter ponsel mereka dan arahkan ke piringan. Ini akan menerangi makanan tanpa membuat pencahayaan terlihat terlalu keras.

2. Pertimbangkan latar belakang

Latar belakang foto makanan sama pentingnya dengan hidangannya. Fitur latar belakang yang tepat dapat memberikan dampak signifikan pada foto makananmu. 

Untuk menyempurnakan latar belakang, kamu bisa menambahkan taplak meja trendi, rak kue, papan saji kayu atau meletakkan di permukaan meja marmer. Hindari latar belakang yang berantakan atau sangat berwarna karena akan mengalihkan perhatian dan pilih opsi netral seperti warna abu-abu atau krem.

3. Tambahkan dekorasi

Selain pemilihan latar belakang, menambahkan elemen dekorasi juga sangat penting. Misalnya, foto makanan penutup akan terlihat jauh lebih indah dengan coklat bubuk atau meses yang ditaburkan di tepi latar belakang putih. Namun, jangan menambahkan terlalu banyak, karena jika dekorasi lebih menonjol dari makanannya, maka akan terlihat kacau yang akan mengurangi nilai estetika. 

4. Pilih angle yang tepat

Faktor kunci lainnya untuk mengambil foto makanan yang instagrammable adalah sudut pengambilan foto yang tepat. Ada berbagai sudut berbeda yang dapat kamu mainkan saat mengambil foto makanan dan yang paling umum adalah mengambil foto datar, dimana kamu menempatkan kamera tepat di atas subjek. 

Alternatif lainnya, kamu bisa memotret piringan dari sudut 30 atau 45 derajat. Sudut ini menunjukkan sisi piring dan sangat berguna jika kamu ingin memotret potongan kue, steak, atau pai. 

5. Jangan berlebihan dalam pengeditan

Foto makanan sebaiknya tidak diedit secara berlebihan. Beberapa sentuhan ringan mungkin tidak masalah, tetapi penggunaan filter yang salah atau berlebihan dapat merusak integritas foto. Sebaiknya, mainkan pengeditan hanya pada eksposur, kontras, dan kejelasan untuk menyempurnakan foto makananmu.

Sumber: IDN TIMES

About The Author

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: