Makan Kentang Goreng Ternyata Berisiko Hingga Kematian

BNews–KESEHATAN-– Makanan ringan satu ini memang menarik untuk disantap besama saat asyik nongkrong di cafe atau restoran. Ya, Kentang goreng memang kerap menjadi sajian menu pendamping atau sekadar camilan favorit yang tampak ringan dan mengenyangkan untuk dinikmati.

Namun, ternyata ada bahaya makan kentang goreng yang mengintai kesehatan dan jarang disadari.

Meskipun terbuat dari bahan baku kaya karbohidrat yang baik untuk tubuh, tapi pengolahan kentang goreng membuatnya berbahaya jika dimakan secara berlebihan.

Kentang goreng memiliki banyak lemak dan garam yang dapat meningkatkan risiko penyakit kardiovaskular bahkan kematian.

Dikutip dari LiveStrong, kentang goreng mengandung lemak jenuh, kolesterol, dan karbohidrat yang tinggi. Kentang goreng juga dapat menyebabkan penyumbatan arteri atau kondisi kesehatan lainnya.

Selain itu, kentang goreng biasanya juga mengandung banyak garam, dan kelebihan natrium menyebabkan retensi cairan yang dapat meningkatkan tekanan darah dengan menimbulkan beban pada jantung.

Kementerian Pertanian Amerika Serikat (USDA) mencatat bahwa kebanyakan orang mendapatkan lebih banyak natrium daripada yang dibutuhkan. Terlalu banyak natrium juga dapat meningkatkan risiko stroke, gagal jantung, osteoporosis, kanker perut, dan penyakit ginjal.

DOWNLOAD APLIKASI BOROBUDUR NEWS (KLIK DISINI)

RBahaya makan kentang goreng tidak hanya menimbulkan risiko terserang sejumlah penyakit. Namun sebuah penelitian beberapa tahun lalu menemukan bahwa bahaya makan kentang goreng juga dikaitkan dengan risiko kematian.

Pada 2017 lalu, sebuah penelitian yang diterbitkan dalam American Journal of Clinical Nutrition mengamati konsumsi kentang pada 4.400 orang tua antara usia 45 dan 79 selama delapan tahun. Pada akhir penelitian, 236 orang telah meninggal.

Sebagaimana dilansir Time, setelah disesuaikan untuk beberapa faktor, makan kentang secara keseluruhan tidak meningkatkan risiko kematian seseorang.

Namun, ketika para peneliti melihat lebih dekat pada jenis kentang yang dimakan, mereka menemukan bahwa makan kentang goreng, setidaknya dua kali per minggu dikaitkan dengan lebih dari dua kali lipat risiko kematian.

Makan kentang yang belum digoreng, seperti salad kentang dan kentang rebus, panggang dan tumbuk, tidak dikaitkan dengan peningkatan risiko kematian.

Untuk menghindari bahaya makan kentang goreng tersebut, The American Heart Association merekomendasikan untuk melewatkan makanan restoran tinggi lemak.

Alih-alih kentang goreng, pilih kentang panggang polos, nasi merah, atau sayuran kukus. Di rumah, pertimbangkan untuk memasak kentang goreng versi ringan menggunakan air fryer atau coba buat yang dipanggang. (*)

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: