6 Cara Sederhana Mencegah Diabetes, Lakukan Sejak Dini

BNews—MAGELANG—Diabetes merupakan suatu penyakit di mana  jumlah gula darah dalam tubuh seseorang melebihi batas normal. Penyakit ini dapat menggangu metabolisme gula darah di dalam tubuh.

Bahkan komplikasi diabetes bisa menyebabkan penyakit jantung, kanker, ganguan ginjal, memicu amputasi hingga kebutaan. kabar baiknya, pradiabetes dan diabetes tipe 2 bisa dicegah dengan pola hidup sehat.

Berikut beberapa cara mencegah pradiabetes dan diabetes tipe 2, yang dikutip Borobudurnews dari berbagai sumber :

Olahraga Secara Teratur

Salah satu cara mencegah penyakit diabetes yakni dengan aktif bergerak dan olahraga teratur. Malas bergerak dan jarang berolahraga bisa menjadi penyebab diabetes tipe 2.

Pasalnya otot yang jarang digunakan untuk bergerak tidak dapat menyerap glukosa dengan optimal. Penelitian menunjukkan bahwa olahraga minimal 30 menit sehari atau 4 kali seminggu dapat mengurangi risiko terkena diabetes.

Download Aplikasi Borobudur News (Klik Disini)

Hindari Stres

Stres bisa menurunkan sekresi insulin dari pankreas yang menyebabkan peningkatan kadar glukosa darah. Hal tersebut dapat menjadi penyebab terkena diabetes.

Selain itu, stres meningkatkan produksi hormon simpatik yang meningkatkan kadar glukosa dan kortisol. Sebaiknya stres dengan melakukan latihan yang penuh perhatian dan cegah risiko penyakit kronis ini.

Kendalikan Mengkonsumsi Gula

Kendalikan mengkonsumsi gula dengan mengganti cemilan, seperti buah-buahan. Anda bisa mengkonsumsi mangga dan pisang atau buah kering seperti kurma, aprikot, kismis, dan plum.

Buah-buahan tersebut bisa membantu mengurangi keinginan akan gula. Selain itu, buah itu sehat dan membantu mempertahankan kadar glukosa normal.

Makan Makanan Yang Seimbang

Selain mengganti makanan kaya gula dengan buah-buahan, anda juga harus mengkonsumsi makanan yang seimbang. Yang mana kaya akan semua nutrisi penting seperti serat, vitamin dan mineral.

Hindari makan makanan cepat saji, olahan baik gorengan maupun manis berlebih. Karena dapat meningkatkan kadar glukosa dalam tubuh.

Dapatkan Tidur Yang Cukup

Para ahli menyarankan, jam tidur sekitar tujuh hingga delapan jam setiap hari. Langkah ini cukup untuk menjaga kadar gula darah tetap terkendali.

Orang yang tidur kurang dari enam jam, berisiko dua kali lipat terkena diabetes. Sementara mereka yang tidur lebih dari delapan jam, melipat gandakan kemungkinannya.

Minum Teh Herbal

Teh herbal mengandung banyak senyawa bioaktif seperti fenol, flavonoid, dan alkaloid yang memiliki efek antiinflamasi dan antidiabetes. Minuman tersebut secara efisien membantu dalam mengontrol glikemik, sehingga bisa mencegah risiko diabetes. Contoh Teh herbal seperti teh kayu manis, teh hijau, dan teh oolong. (mta)

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: