7 Waktu yang Tepat untuk Diam, Renungan Agar Hati-hati dalam Berbicara

BNews—MAGELANG— Ada banyak hal yang kadang lebih baik disikapi dengan diam. Dari pada terjebak dalam percakapan, perkataan yang kita tidak tahu benar atau tidaknya bahkan malah bisa memperparah masalah.

Kadang kala, sikap diam dapat menyelamatkan seseorang dari persoalan yang lebih rumit.

Nah, berikut ini adalah tujuh waktu terbaik untuk diam. Simak ulasannya!

Saat tidak memiliki fakta tentang sesuatu

Ada yang mengatakan bahwa ‘diam adalah emas’, untuk beberapa kondisi ini ada benarnya. Saat kita tidak memiliki kata-kata yang penting untuk diucapkan maka sebaiknya diam saja. Sama halnya saat kita tidak memiliki bukti atau fakta tentang sesuatu, daripada hanya menjadi asumsi atau omong kosong, sebaiknya kita menahan diri sampai menemukan informasi sebenarnya.

Ketika memiliki perasaan atau kata yang menyakitkan

Di tengah diskusi yang panas, kebanyakan kita mengatakan sesuatu yang menyakiti orang lain secara tidak adil. Jujur dengan diri kita sendiri, kita merasakan efek samping dari kata-kata sebelum diucapkan.

Saat menjaga rahasia

Mengumbar rahasia orang lain tidak hanya akan merugikan orang itu, tetapi juga diri sendiri yang berdampak pada retaknya persahabatan, tak dipercaya orang lain atau akan menjadi kebiasaan. Jadi sebisa mungkin hilangkan kebiasaan untuk mengumbar rahasia orang lain

Saat ingin mengatakan sesuatu yang membuat malu orang lain

Kita semua pasti punya pengalaman yang buruk atau yang memalukan, dan kita semua tentu saja tak ingin jika semua orang tahu tentang hal itu. Jika kamu berada dalam sebuahn perkumpulan, hindari untuk mengatakan sesuatu yang membuat orang lain merasa malu.

Saat menjaga perasan orang lain

Ada baiknya untuk tidak berterus terang pada seseorang saat kamu membencinya, seburuk apa pu perlakuan mereka kepadamu. Jangan menyatakan secara langsung yang membuat orang tersebut menghindar, sebaiknya hindari saja orang tersebut agar tidak tersinggung.

Saat memiliki rahasia

Semua orang punya rahasianya masing-masing dan perlu diketahui tidak semua orang bisa menjaga rahasia. Sebaiknya, dirimu menjaga rahasia itu dan menahannya, daripada mengumbarnya ke semua orang yang bisa membahayakanmu.

Melihat seseorang menangis

Saat melihat orang lain menangis, tentu kita bingung kapan saat yang tepat untuk memulai pembicaraan. Daripada mengatakan hal yang belum tentu menyelesaikan masalahnya, lebih baik baik menahan kata-kata dan menunggu seseorang tersebut dalam keadaan baik.

Meski diam tak selalu berarti emas, tapi kita harus tahu di mana kita harus menggunakannya agar kita-kita tak memperburuk keadaan apalagi menyakiti hati orang lain. Dan jika tidak memiliki sesuatu yang baik untuk dikatakan, maka lebih baik diam. (mta)

Sumber: Fimela

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

%d blogger menyukai ini: