Adu Kreativitas Potensi Kota Magelang Melalui Krenova

BNews—MAGELANG—Penjaringan Kreativitas dan Inovasi Masyarakat (Krenova) Kota Magelang tahun 2020 kembali digelar Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitbang). Kegiatan ini telah dimulai sejak 12 Februari lalu dan akan berakhir pada 3 Maret 2020.

“Krenova sendiri sudah dilaksanakan sejak tahun 2004, bertujuan untuk memberikan insentif  kepada Masyarakat Kota Magelang dengan penemuannya di bidang Iptek,” kata Kepala Balitbang Kota Magelang Arif Barata Sakti melalui Kepala Bidang Harmonisasi dan Inovasi Catur Adi Subagio kepada borobudurnews.com

Dia menuturkan program tersebut digelar untu menggali potensi inovasi masyarakat yang hasilnya dapat dimanfaatkan. Sehingga tercipta kegiatan sosial ekonomi yang mampu menghasilkan sebuah produk.

”Hasil penemuannya nanti bisa berguna untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” ungkapnya.

Penemuan yang dihasilkan merupakan kreativitas penduduk Kota Magelang dengan dibuktikan KTP dan berdomisili di wilayah Kota Magelang. Tentunya sudah diterapkan di lokasi penemu atau daerah sekitar dan mudah diadopsi masyarakat luas.

Penelitian dan invoasi bisa dilakukan dalam bidang Pangan dan Agribisnis, Kesehatan dan obat-obatan,  Energi, Transportasi. Juga Lingkungan Hidup, Perikanan dan Kemaritiman, Teknologi Informasi.

Bisa juga dalam bidang Pendidikan, Kerajinan Rumah Tangga atau Sosial tentunya belum pernah mendapat penghargaan kecuali jika sudah diperbaiki atau di tingkatkan. ”Peserta juga harus ingat penenuannya bukan hasil jiplakan karya orang lain jadi orisinil dari karya peserta sendiri,” papar Catur.

Loading...

Catur menjelaskan, cara pendaftaran dengan mengirim proposal penemuan ke panitia Krenova di Kantor Balitbang Kota Magelang. Selain itu juga mengisi surat pernyataan dan halaman pernyataan sebagai bukti penemuan bukan jiplakan dan belum pernah mendapat penghargaan.

”Harus membuat pernyataan karena penemuan yang memenuhi kriteria berkesempatan untuk mengikuti Krenova tingkat Provinsi Jawa Tengah pada tahun 2021,” paparnya.

Dia menambahkan, proses penilaian ada empat tahap. Mulai administrasi dan seleksi substansi.

”Setelah itu akan ada pemaparan dari peserta mengenai penemuannya, yang akan dilakukan pada tanggal 10 Maret mendatang, bila diperlukan juga panitia akan meninjau temuan yang sudah dipaparkan secara langsung tersebut,” terang Catur.

Catur mengungkapkan hasil penilaian akan ditetapkan pada tanggal 16 Maret 2020 dan penyerahan hadiah akan dilaksanakan pada tanggal 11 April 2020 bertepatan dengan Hari Jadi Kota Magelang ke 1113. (cr1/wan)

Kaos Deglang

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: