Air Tuk Umbul di Windusari, Tiap Hari Diburu Ratusan Orang Tiap Karena Berkhasiat

BNews–WINDUSARI– Mata air dari sebuah celah bebatuan di Dusun Ngaropoh Desa Umbulsari Kecamatan Windusari Kabupaten Magelang. Mata air ini banyak diambil oleh warga bahkan dari luar daerah karena diperacaya memiliki khasiat sebagai obat menyembuhkan berbagai penyakit.

Sejak kemunculananya beberapa tahun lalu, mata air tuk umbul ini tidak pernah berhenti mengalir. Saat musim kemarau, air tersebut juga terus mengalir. Jika di daerah lain kesulitan air bersih, mata air ini oleh warga sekitar bisa langsung diminum.

Advertisements


“Ada banyak warga dari Yogyakarta, Boyolali dan lainnya yang rutin datang mengambil air untuk pengobatan. Kami tidak bisa melarang karena mereka percaya ada manfaat kesehatan. Ini bukan musrik ataupun sirik,” kata Budi Santoso salah satu warga.


Air sangat jernih tanpa campuran lumpur ataupun pasir sedikit pun. Hebatnya, debit air Tuk Umbul tidak pernah terpengaruh musim, baik musim hujan ataupun kemarau debit air tetap sama tidak berubah.

“Selain warnanya sangat bening, air Tuk Umbul juga segar. Bisa langsung diminum tanpa dimasak. Rasanya segar tidak kalah dengan air minum kemasan maupun air sumur yang sudah dimasak,” kata dia.

Budi mengatakan setiap hari ada ratusan warga yang mengambil air bersih ke Tuk Umbul. Mereka tidak hanya dari warga Umbulsari namun juga dari sekitar Windusari dan Bandongan.

Disebutkan kini mulai banyak warga dari daerah lain yang juga mengambil air ke Tuk Umbul. Selain untuk diminum, mereka percaya kualitas air Tuk Umbul memiliki khasiat kesehatan yakni bisa menyembuhkan beragam penyakit. (bn1/jar)

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: