Antisipasi Lonjakan Wisatawan, Sandiaga Uno Berharap UMKM Di Magelang Juga Bangkit

BNews–MAGELANG– Kebangkitan UMKM dan kewirausahaan di Kota Magelang diharapkan oleh Menparekraf Sandiaga Uno. Hal ini untuk mengantisipasi lonjakan pariwisata yang dipicu Candi Borobudur.

Hal tersebut disampaikan Sandiaga kepada wartawan saat menghadiri ‘Pengembangan Kabupaten Kota (Kata) Kreatif Indonesia, Workshop Pelaku Ekonomi Kreatif’. Yang digelar di Hotel Puri Asri, Kota Magelang, Jawa Tengah, Kamis (7/10/2021).

Untuk Pengembangan Kata Kreatif Indonesia, kata Sandi, Kota Magelang merupakan yang ke-16 dari 25 yang dibantu kurasi. Dalam kesempatan tersebut Sandi sempat berdialog kepada para pelaku ekonomi kreatif yang hadir baik dari Kota Magelang maupun Kabupaten Magelang. Upaya yang dilakukan ini untuk menciptakan lapangan kerja.

“Alhamdulillah hari ini kita melihat penciptaan lapangan kerja. Penciptaan lapangan kerja ini dibutuhkan di tengah pandemi, mempertahankan lapangan kerja ini adalah tugas dari seluruh ekosistem ekonomi dan pemerintah memfasilitasi dengan beberapa program yang salah satu dilakukan adalah program kata kreatif ini,” kata Sandiaga Uno.

Program kata kreatif, kata Sandi, Kota Magelang merupakan ke-16 dari 25 yang dilakukan. Dalam kesempatan tersebut, diserahkan bantuan bagi pelaku UMKM dan kewirausahaan yang ada.

“Ini sudah mengikuti uji petik sebagai kota kuliner dan ini kota ke-16. Jadi ini sudah 16 dari 25 yang kita bantu kurasi. Kami hadir untuk memberikan bantuan UMKM dan kewirausahaan. Tadi ada inovasi, ada kolaborasi, ada juga adaptasi yang kita lakukan di tengah pandemi. Ini kita harapkan mudah-mudahan tercipta geliat ekonomi dan kebangkitan pemulihan di Kota Magelang khususnya nanti untuk mengantisipasi pariwisata yang akan terpicu oleh magnet super prioritas destinasi yaitu Borobudur,” kata Sandi.

Sandi mengatakan, dalam era 4.0 ini tidak bisa dilakukan dengan cara-cara yang lama. Untuk itu, diperlukan adanya upskilling dan reskilling.

DOWNLOAD APLIKASI BOROBUDUR NEWS (KLIK DISINI)

“Kita butuh upskilling dan reskilling. Jadi tidak bisa lagi menggunakan cara-cara lama yang sama dalam menghadapi era inovasi 4.0 oleh karena itu program upskilling dan reskilling ini kami fasilitasi,” tutur Sandiaga Uno.

Dalam kesempatan yang sama, Wali Kota Magelang Muchamad Nur Aziz mengatakan, atas kunjungan Menparekraf ini berharap produk-produk di Kota Magelang semakin dikenal di seluruh Indonesia maupun luar negeri.

“Saya mengucapkan terima kasih atas kunjungannya Pak Menteri, Alhamdulillah Magelang menjadi salah satu tempat yang dikunjungi beliau. Mudah-mudahan dengan kunjungan, Kota Magelang semakin dikenal dan produk-produknya bisa diterima di seluruh Indonesia maupun di luar,” kata Aziz.

Dalam kesempatan itu, Sandi didaulat untuk merangkai jam tangan berbahan kayu, jerawood dari Kota Magelang. Merakit jam tangan tersebut dilakukan Sandi di hadapan para peserta pelaku ekonomi kreatif yang hadir.

Sandiaga Uno kemudian menyampaikan, geliat ekonomi dan UMKM Kota Magelang menghadapi destinasi super prioritas Borobudur akan dilaporkan kepada Presiden Joko Widodo.

“Akan saya laporkan kesiapan dari destinasi super prioritas Borobudur yang ditopang oleh geliat Kota Magelang menyiapkan diri menghadapi lonjakan pariwisata dengan protokol kesehatan dengan integrasi aplikasi PeduliLingdungi. Kita harapkan akan menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari pembukaan kembali kegiatan ekonomi dan pariwisata ekonomi kreatif di Kota Magelang,” katanya. (bsn)

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: