Apa yang Harus Dilakukan Jika Tetangga Kita Terkena Virus Corona? Ini Petunjuknya

BNews—HEALTH— Virus Corona (Covid-19) bisa menyerang siapa saja. Lantas bagaimana jika hal itu terjadi pada tetangga kita? Haruskah menjauh?

Dihimpun dari Ikatan Dokter Indonesia, jika menemukan tetangga yang terkena penyakit Covid-19 tidak perlu khawatir. Virus tidak bisa gentayangan dari rumah ke rumah. Hanya paling penting jaga jarak 1,5  meter sudah cukup untuk menjauhkan dari virus. 

Virus Corona tidak bisa terbang di udara. Dia berada di udara kalau ada orang terinfeksi yang bersin. Itu pun tidak lama. Partikel-partikel air (lendir) yang mengandung virus tadi akan turun, mengendap di permukaan benda-benda mati, tidak akan menyebar.

Lantas Apa yang harus dilakukan?

Jangan masuk ke rumah tetangga yang terkena Covid-19 tanpa perlindungan memadai (masker). Selama Anda tidak masuk, tidak akan tertular.

Kalau terpaksa masuk untuk memberi bantuan, pakailah masker. Ditambah perlindungan lain yang bisa Anda dapatkan. 

Kemudian segeralah ganti baju, mandi dengan sabun (keramas pakai sampo), cuci baju Anda tadi dengan sabun. Sabun akan membunuh virus yang menempel di tubuh.

Loading...

Tidak ada alasan untuk takut pada tetangga yang tertular Covid19. Berbuatlah sebisa Anda untuk membantu mereka. Seperti menyediakan  makanan. Bersihkan rumahnya dengan sabun atau disinfektan. Jaga agar jangan ada orang masuk tanpa kepentingan dan tanpa pelindung.

Kemudian arahkan anggota keluarganya untuk melaksanakan tata cara isolasi pasien. Supaya anggota keluarga lain tidak tertular. (her/wan)

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: