Ayah dan 2 Anaknya Jadi Pelaku Penipuan, Begini Modusnya

BNews—YOGYAKARTA— Satu keluarga yang terdiri dari bapak dan dua anaknya, harus berurusan dengan jajaran Polsek Depok Barat. Diketahui bahwa mereka terlibat kasus penipuan.

Kapolsek Depok Barat Kompol Kompol Rachmadiwanto SH mengatakan, ketiga pelaku berinisial SH (59) dan dua anaknya, LF (26) dan NA (20). Keluarga yang berasal dari Bandung ini pura-pura meminjam HP milik korban namun kemudian dibawa pergi.

”Terungkapnya kasus ini bermula dari laporan korban berinisial ST asal Bandung yang kehilangan HP merk Xiaomi,” katanya, Senin (22/02/2021). Dikutip dari KRJogja.

Usai mendapat laporan, kata Rachmadiwanto, pihaknya melakukan penyelidikan. Selang dua hari, petugas yang dipimpin Kanit Reskrim Iptu Mahardian Dewo dan Panit Iptu Mateus Wiwit berhasil mengamankan pelaku.

”Kasus ini berawal, ketika korban dan para pelaku janjian bertemu di sebuah hotel wilayah Depok Sleman  untuk membicarakan bisnis pada Rabu (17/02/2021) sekitar jam 11.05 WIB. Memang sebelumnya, antara korban dan pelaku sudah saling kenal melalui media sosial,” ujar dia.

DPD PKS Magelang Ramadhan

Di tengah obrolan, pelaku pura-pura meminjam HP korban untuk memesan minuman online. Setelah pesanan datang, pelaku mengambil minuman di depan hotel dengan membawa HP milik pelapor.


”Namun ditunggu hingga beberapa saat, para pelaku tak kunjung kembali dan korban pun berusaha melakukan pencarian. Karena tak membuahkan hasil, korban lantas melaporkan peristiwa itu ke Polsek Depok Barat,” jelas Rachmadiwanto.

Lebih lanjut, Rachmadiwanto mengatakan bahwa satu keluarga ini melancarkan aksinya dari hotel ke hotel, dari mal ke mal. Sementara otak aksi penipuan adalah sang ayah dan saat ini polisi masih mendalami kasus ini.

“Ketiganya diamankan saat berada di sebuah hotel yang dijadikan tempat untuk menginap. Mereka kami kenakan Pasal 378 KUHP,” pungkasnya. (mta)

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: