Banser, Ansor dan Pemuda Lintas Agama di Magelang dan Kebumen Mengedukasi Realitas Perbedaan

BNews–MAGELANG— Suara toa pengeras suara masjid ajakan saur dan bersamaan itu juga speaker masjid bergema suara takbir dan tahmid. Realitas seperti itu di Indonesia sudah menjadi kewajaran dan bukan hal yang dianggap aneh , ketika ada perbedaan tentang perayaan iedul fitri.

Belajar dari pengalaman yg sudah beberapa kali terjadi , masyarakat saling menghormati dan bantu membantu dalam perayaan tersebut. Terutama dalam menciptakan kenyamanan dan kelabacaran beribadah sholat iednya.

Inisiasi utk saling membantu , menciptakan rasa nyaman serta memperlancar proses sholat ied ini muncul diberbagai tempat. Diantaranya di Wilayah Kecamatan Salam Kabupaten Magelang, sebagai wil Perbatasa Magelang – Jogja.

Ada 6 Titik tempat Pekaksanaan sholat Ied, yaitu di Hal Polsek Salam, Lapangan Desa Sucen, Desa Jumoyo; Halamatan Kantor Desa Gulan, Gal Bale Desa Tirto dan Masjid Nurul Huda Tirto.

Dalam pelaksanaan sholat ied tersebut, Ansor dan Banser PAC Salam saling bahu membahu bersama Kepolisian, KOKAM; dan Pemuda lintas gama untuk memperlancar lalu lintas dan menciptakan rasa nyaman dlm pelaksanaan sholat ied tersebut.

“Dan alhamdulillah proses sholat ied dan perayaan hari raya yg hari jumat 21 April berjalan dengan lancar dengan tetap saling menghargai dan menghormati,” kata Sekretaris PAC. Ansor Salam, Deby.

Ia mengatakan, Proses ini bermula dari Sonjo dari Muspika Kecamatan Salam dan kebetulan juga saat itu; Romo Santo dari Gereja Theresia Salam pas Sonjo di Posko Mudik Ansor yg ada di MWCNU Salam.

DOWNLOAD APLIKASI BOROBUDUR NEWS (KLIK DISINI)

Dan juga dihadiri jajaran Pengurus MWCNU dan Banom NU Kecamatan Salam yg kebetulan juga mampir sebelum melaksanakan Mujahadah Rutin di Masjid Jalalin Kuncen.

“Dari obrolan sante yg tanpa perencanaan sebelumya ini,memunculkan ruang koordinasi utk memperlancar proses sholat ied. Dimana yang dilaksanakan hari jumat tgl 21 April 2023. Sehinga proses ini berjalan. Dan sebenarnya hal hal spt ini sudah berjalan mulai th 2011 ketika hrs terjadi perbedaan dlm pelaksanaan sholat Ied,” imbuhnyan.

Menurutnya, Persaudaraan Islamiyyah, Basariyah dan wathoniyah jd konsepsi dasar kami berinteraksi sebagai organisasi; dan bagian dari masyarakat dan elemen negara dlm bingkai NKRI

Fenomena yg sama juga terjadi di Kabupaten Kebumen, dari 32 titik tempat Pelaksanaan sholat Ied hari jum’at tgl 21 April 2023; Banser dan pemuda lintas agama bekerjasama dengan pihak pemerintah di tingkat Kecamatan.

Mereka melakukan upaya memperlancar dan menciptakan rasa nyaman dlm pelaksanaan sholat ied.

Sikap saling mrnghargai dan menghormati ini menjadi nilai dasar pemuda Anak negri ini yang selalu mengedepankan tepo seliro; dan tenggang rasa dengan tetap memilah dan milih dalam bersikap dan bertindak.

Semua yg dilakukan ini adalah inisiatif di tingkat lokal sebagai perwujudan penghargaan terhadap perbedaan.

Dalam pantauan Banser dan Ansor sehabis melakukan PAM sholat ied dibeberapa tempat tersebut; pihaknya langsung kembali ke posko mudik untuk menjalankan tugas-tugas Posko. Antaranya dalam memperlancar arus mudik dan lalulintas agar lebih lancar.

DOWNLOAD APLIKASI BOROBUDUR NEWS (KLIK DISINI)

Pasalnya, di hari Jumat ini juga hr terakhir puasa bagi yg melaksanakan hari raya dan sholat ied besok sabtu tgl 22 April 2023. Di hari terakhir ini ada istilah “prepegan” masyarakat rame ke pasar dan mempersiapkan untuk kebutuhan perayaan dan pelaksanaan hari raya iedul fitri.

Realitas ini juga menjadi suasana pasar semakin rame dan lalulintas semakin padat. Banser dari Posko mudik yg ada di wilayah Kabupaten Kebumen langsung bersama2 pihak kepolisian membatu utk ikut mengurai dan memperlancar lalu lintas.

Ketua PC. Ansor Kabupaten Kebumen, Mudakir mengatajan hal ini untuk mendukung pemudik Lebaran Idul Fitri 1444 H. “Ini bagi mereka yang melaksanakan mudiknya saat hari raya, GP Ansor Kebumen inisiatif untuk tetap melayani pemudik apabili ingin istirahat atau sekerdar merebahkan badan,” katanya.

Untuk tahun ini, lanjutnya ada 15 posko mudik yang di dirikan di beberapa titik yang akan berlangsung selama 14 hari dari H-7 sampai H+7 lebaran; dan ada 3 Posko Mudik yang tetap melayani buka 24 jam saat hari raya idul fitri.

“Hal itu bekerja sama dengan Pemuda Wihara, Pemuda Katolik, dan Persatuan Gereja Gombong,” imbuhnya.

Adapun ke 3 posko tersebut yang tetap siaga pada saat hari raya idul fitri diataranya berada di Posko Mudik Pac Gp Ansor Sempor, Pac Gp Ansor Gombong, Pac Gp Ansor Prembun Kebumen.

Sedangkan untuk fasilitas di masing-masing posko terdiri dari, toilet, tempat istirahat, mushola atau tempat sholat, dan lainya. Ada juga layanan gurah mata, pijat, reflexi, cek kesehatan, mobil siaga.

DOWNLOAD APLIKASI BOROBUDUR NEWS (KLIK DISINI)

Untuk Posko Mudik malam hari raya Iedul fitri ( Jumat mlm sabtu ) terjadi kesepakatan dengan pemuda lintas agama untuk berbagi peran. Hal ini terjadi di posko mudik Ansor Gombong, Sempor dan Prembun Kebumen.

Adapaun Kesepakatan tersebut untuk beredukasi dengan keragaman. Bahwa hari besok akan Merayakan Hari Raya ‘Idul Fitri sesuai keputusan pemerintah.

Berkaitan hal tersebut semua Posko mudik pastinya akan kosong tanpa penjagaan, hanyadi 3 Posko saja yang dijaga oleh pihak non muslim; yang membnatu penjagaan posko mudik sampai dengan H+2 diantaranya.

  1. Posko Mudik Satkiryon Sempor bekerja sama dengan pemuda wihara atau Hindu.
  2. Posko Mudik Satkoryon Gombong bekerja sama dengan persatuan gereja gombong.
  3. Posko Mudik Satkoryon Prembun bekerja sama dengan pemuda Katolik.

(*/bsn)

About The Author

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

error: Content is protected !!