Baru Tahu…Ternyata Petani Adalah Sebuah Singkatan, Ini Kepanjangannya

BNews—NASIONAL— Selain status sebagai negara maritim, Indonesia juga tersohor sebagai negara agraris. Dengan suburnya lahan Indonesia, hasil pertanian Indonesia menjadi lirikan sejak era Belanda sampai saat ini. Tidak usah jauh-jauh, kita pasti memiliki kakek-nenek yang berprofesi sebagai petani.

Petani juga menjadi landasan pemikiran marhaenisme Bung Karno. Dengan dominannya profesi petani di era perjuangan menuju kemerdekaan, sungguh tak mungkin bagi Bung Karno untuk melawan penjajah dengan pemikiran revolusioner yang berbasis pada buruh pabrik. Karena itulah, petani menjadi tulang punggung bagi identitas Indonesia.

Namun siapa sangka ternyata kata Petani merupakan sebuah kepanjangan.  Bung Karno-lah yang menyebutnya sebagai Penjaga Tatanan Negara Indonesia (Petani).

Hal itu disampaikan Bung Karno pada tahun 1952. Bung Karno melihat pentingnya petani sebagai penjaga ketahanan pangan. Swasembada pangan terus digaungkan untuk menjaga stabilitas nasional.

Tak terkecuali di masa pandemi Covid-19 ini. Warga diminta kembali menanam sayur sayuran. Menjaga stabilitas makanan.

Tentunya, peranan penting petani di Indonesia tidak dilupakan sampai saat ini. Pemerintahan Presiden Joko Widodo hingga saat ini telah mengeksekusi berbagai program untuk mendukung petani di Indonesia.

Misalnya saja, upaya khusus peningkatan produksi padi, jagung, hortikultura serta program Sapi Indukan Wajib Bunting (SIWAB). Tak berhenti sampai di sana, Pemerintahan Presiden Joko Widodo juga telah meluncurkan program Bedah Kemiskinan Rakyat Sejahtera Berbasis Pertanian.

Loading...

Dalam program ini, Pemerintah memberikan bantuan 50 ekor ayam per rumah tangga miskin (RTM) dan bantuan tanaman sayuran-sayuran yang ditanam di lahan pekarangan, serta beberapa jenis tanaman tahunan. (her/wan)

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: