Bawaslu Kembali Buka Pendaftaran Sekolah Kader Pengawas Partisipatif

BNews—MAGELANG— Bawaslu RI kembali membuka pendaftaran Sekolah Kader Pengawas Paritisipatif (SKPP). SKPP tahun 2021 ini akan dipusatkan di 100 titik di seluruh Indonesia. 

Koordinator Divisi Pengawasan dan Sosialisasi Bawaslu RI Mochammad Afifuddin mengungkapkan SKPP kali ini akan diselenggarakan di 304 Kabupaten/Kota se-Indonesia mulai bulan Juni hingga Oktober mendatang.

Disebutkan pendidikan SKPP ini akan dibagi dalam tiga tahap yakni dimulai dari tingkat Dasar, Menengah dan Lanjut. Tingkat Dasar diselenggarakan di Bawaslu kabupaten / kota, tingkat lanjut di Bawaslu Provinsi sementara tingkat Lanjut oleh Bawaslu RI. 

Koordinator Divisi Pengawasan Bawaslu Jateng Anik Solihatun menjelaskan dari total 304 Kabupaten/Kota seluruh Indonesia yang menggelar seleksi peserta SKPP, sebanyak 18 kabupaten/kota di antaranya berada di Jawa Tengah

Ke-18 kabupaten / kota tersebut adalah Kota Surakarta, Demak, Batang, Jepara, Cilacap, Kendal, Sragen, Pati, Blora, Banyumas, Brebes, Kabupaten Magelang, Wonosobo, Purworejo, Kota Semarang, Kudus, Klaten dan Rembang.

“Warga Jateng dari 18 kabupaten/kota tersebut kami persilahkan untuk berpartisipasi. Silahkan mendaftar secara online. Mari bergabung program SKPP,” kata Anik. 

Menurut Anik SKPP merupakan sekolah kader yang digelar Bawaslu untuk membumikan pengawasan partisipatif. Edukasi demokrasi diharapkan akan memperkuat peran masyarakat dan simpul simpul massa untuk berperan dalam pengawasan pemilu dan pilkada.

Download Aplikasi Borobudur News (Klik Disini)

Sementara itu, Ketua Bawaslu Kabupaten Magelang MH Habib Shaleh menambahkan, Bawaslu Kabupaten Magelang menjadi salah satu lembaga yang ditunjuk Bawaslu RI untuk melaksanakan program SKPP Tahun 2021. 

Untuk itu, Habib mendorong generasi muda Kabupaten Magelang yang memenuhi syarat agar berpartisipasi menjadi peserta SKPP. Mereka akan berkesempatan belajar demokrasi dan kepemiluan dari para tokoh dan ahli kepemiluan. 

Pendaftaran sudah dibuka secara online  sejak 24 Mei dan akan ditutup pada 28 Mei 2021. Sekolah ini bertujuan membumikan nilai Pengawasan di seluruh Tanah Air termasuk Kabupaten Magelang. 

Habib mengungkapkan animo anak muda Magelang sangat tinggi. Banyak yang datang langsung ke kantor Bawaslu maupun konfirmasi lewat media sosial untuk mengetahui syarat dan ketentuan SKPP tahun 2021. 

“Data sementara sudah 32 pendaftar. Data ini terus bergerak. Kita berharap semakin banyak anak muda memanfaatkan kesempatan sekolah pengawasan,” kata dia.

Program SKPP ini akan dilaksanakan pada bulan Juni hingga Oktober 2021 dengan sejumlah syarat dan ketentuan, antara lain usia minimal 20 tahun dan maksimal 30 tahun, pendidikan minimal SMA dan sederajat, diutamakan yang punya pengalaman sebagai pengurus organisasi atau komunitas, tidak pernah jadi anggota partai politik, dan belum pernah mengikuti SKPP di luar jaringan.

Syarat lainnya bisa dilihat dengan mengunjungi http://skpp.bawaslu.go.id/registrasi/. Atau juga bisa mendapatkan Informasi melalui nomor WhatsApp 08111866692. Program ini nantinya juga akan di pandu oleh sejumlah ahli Kepemiluan dan Bawaslu dari seluruh Indonesia. (*)

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: