Bea Cukai Magelang Beri Asistensi dan Pendampingan Perangkat Desa, Bangun Zona Integritas

BNews-JATENG– Dalam rangka mewujudkan pembangunan zona integritas menuju wilayah bebas korupsi (WBK), Inspektorat Kabupaten Temanggung menyelenggarakan asistensi dan pendampingan bagi 26 perangkat daerah di Kabupaten Temanggung, pada hari Selasa (7/11).

Acara tersebut dihadiri oleh Bea Cukai Magelang sebagai nara sumber yang telah mendapatkan predikat WBK dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB).

Inspektur Kabupaten Temanggung, Kristri Widodo mengatakan bahwa pihaknya menyambut baik terselenggaranya acara pendampingan ini.

“Kegiatan ini akan membantu dan mempermudah 26 perangkat daerah Kabupaten Temanggung dalam menjalani proses pembangunan zona integritas menuju WBK nantinya,” ucapnya.

Sama seperti Kristi, Kepala Seksi Kepatuhan Internal dan Penyuluhan Bea Cukai Magelang, Windarto, mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan awal yang baik dari proses pembangunan zona integritas yang akan dilaksanakan di masa depan.

“Kami sangat mengapresiasi acara ini, karena ini adalah pertama kalinya ada 26 perangkat daerah yang secara serentak bersiap dan berkomitmen untuk melaksanakan pembangunan zona integritas menuju WBK. Ini merupakan hal yang luar biasa dan patut diapresiasi,” tegasnya.

Dia menjelaskan bahwa meraih predikat WBK memang tidaklah mudah. Dibutuhkan banyak hal, seperti persiapan yang matang, semangat dan tekad yang kuat, serta proses yang panjang.

DOWNLOAD APLIKASI BOROBUDUR NEWS (KLIK DISINI)

Pembangunan Zona Integritas menuju WBK tersebut dimulai dari penguatan integritas dan budaya anti korupsi, pencanangan Zona Integritas; pemenuhan enam komponen pengungkit, komponen hasil, dan reformasi.

“Beberapa poin dalam reformasi tersebut antara lain manajemen perubahan, penatalaksanaan, penataan sistem manajemen SDM; penguatan akuntabilitas kinerja, penguatan pengawasan, serta peningkatan kualitas pelayanan publik; serta tahap penilaian oleh Tim Pengendalian dan Pengawasan (TPN) dengan mempersiapkan bahan presentasi.

Adapun bahan presentasi yang dibutuhkan ialah profil kantor, ciri khas dan keunikan kantor, inovasi kantor; pembuatan video profil, tagline kantor, dan berbagai hal lain yang terkait dengan WBK,” jelasnya.

Dia berharap agar 26 perangkat daerah tersebut dapat melalui proses pembangunan dan penilaian zona integritas menuju WBK dengan baik hingga pada akhirnya mendapatkan predikat WBK.

“Tentunya Bea Cukai Magelang akan selalu siap untuk mendampingi dan terus berkoordinasi lebih lanjut jika ada hal-hal; yang masih diperlukan oleh Pemerintah Kabupaten Temanggung. Kami mendukung dan mendorong agar seluruh perangkat daerah; di Kabupaten Temanggung dapat melaksanakan pembangunan zona integritas dan memperoleh predikat WBK,” tutup Windarto. (*/jpnn)

About The Author

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: