Bebatuan Candi Kuno Ditemukan di Lereng Merapi

      BNews–MAGELANG– Kawasan Lereng Gunung Merapi benar-benar menyimpan peninggalan sejarah yang cukup besar. Baru-baru ini ditemukan kembali bebatuan kuno yang diduga kuat struktur candi di Dusun Hendelan Desa Krinjing Kecamatan Dukun Kabupaten Magelang.  
     Oleh balai pelestarian cagar budaya (BPCB) Jawa Tengah bebatuan yang ditemukan merupakan peninggalan abad ke 8 hingga abad ke 9. “Kalau dilihat dari strukturnya ini bebatuan Candi meski bukan dari bangunan utama candinya. Bisa semacam gerbang atau bangunan pendukung lainnya,” kata petugas BPCB Wahyu Kristanto, saat meneliti temuan itu.
      Namun jika dilihat dari segi arsitektur, batu-batu itu ini memiliki kesamaan dengan arsitektur candi-candi yang ada di sekitar lereng gunung Merapi. Batu berwarna abu-abu itu memiliki ukuran panjang bervariasi antara 25 – 50 sentimeter.
     Pihaknya masih melakukan serangkaian penelitian terhadap batu-batu itu. Selanjutnya mereka akan memberikan rekomendasi kepada pihak pemegang proyek pembangunan jembatan gantung terkait kelanjutan pembangunan yang dihentikan sementara sejak penemuan tersebut.
       “Setelah peninjauan ini nanti kami akan analisa dan konservasi dulu, baru kemudian kami membuat rekomendasi langkah penyelamatannya. Apakah memindahkannya ke tempat yang lebih aman, secepatnya akan ditindaklanjuti,” katanya. (bn1)

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: