Begini Gejala Corona Berkembang di Tubuhmu dari Hari ke Hari

BNews—NASIONAL— Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menyampaikan tanda-tanda seseorang terinfeksi virus corona. Mulai dari batuk, sesak napas hingga mengalami kesulitan bernapas.

Pada temuan kasus yang lebih parah; infeksi bisa menyebabkan pneumonia, sindrom pernapasan akut, gagal ginjal hingga kematian.

Belakangan, muncul gejala baru corona yang telah terlihat pada beberapa pasien positif covid. Termasuk gatal-gatal, kulit merah yang menyakitkan dan sesuatu yang mirip dengan radang dingin.

Melansir Business Insider, sebagian besar kasus covid tergolong ringan. Tapi, sekitar 20 persen pasien memiliki bawaan penyakit yang parah sehingga menyebabkan kondisi menjadi sangat kritis.

Sebuah studi yang Universitas Wuhan, China, lakukan terhadap sekitar 140 pasien di Rumah Sakit Zhongnan mengidentifikasi pola khas gejala terkait Covid-19. Sebanyak 99 persen pasien mengalami demam dengan suhu tinggi, sedang lebih dari setengahnya mengalami batuk kering. Sementara sepertiganya mengalami nyeri otot dan kesulitan bernapas.

Berikut gejala virus corona berkembang dari hari ke hari:

DPD PKS Magelang Ramadhan

Hari ke-1

Pasien mengalami demam. Tubuhnya mungkin juga mengalami semacam kelelahan, nyeri otot dan batuk kering. Ada pula yang mengalami diare atau mual satu atau dua hari sebelumnya.

Hari ke-5

Ada pasien yang mengalami kesulitan bernapas. Kondisi ini biasanya terjadi pada mereka yang berusia lanjut atau memiliki riwayat penyakit lain sebelumnya.

Hari ke-7

Pada hari ke-7, menurut penelitian Universitas Wuhan, ini merupakan waktu rata-rata pasien masuk ke rumah sakit.

Hari ke-8

Pada pasien yang mengalami kondisi parah, sekitar 15 persen mengalami sindrom gangguan pernapasan akut. Saat ini terjadi, cairan telah memenuhi paru-paru dan sering kali berakibat fatal.

Hari ke-10

Ketika gejala memburuk, pasien akan dibawa ke Intensive Care Unit (ICU). Biasanya, mereka mengalami gangguan pada bagian perut dan kehilangan nafsu makan. Pada rentang waktu ini, sebagian kecil meninggal, yakni dua persen.

Hari ke-17

Setelah menjalani perawatan selama lebih kurang 2,5 minggu, pasien yang kondisinya membaik biasanya sembuh dan keluar dari rumah sakit. (han)

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: