Beli Pertalite di Sejumlah SPBU Magelang dibatasi, Maksimal Rp 20 Ribu Untuk Sepeda Motor

BNews–MAGELANG-– Masyarakat di Magelang mulai mengeluh dengan pembatasan pembelian bahan bahak minyak (BBM) jenis pertalite. Karena setiap kendaraan dibatasi pembeliannya.

Pantauan Borobudurnews.com di lapangan, ada dua SPBU di jalan Soekarna Hatta Kabupaten Magelang membatasi pembelian pertalite.

Dimana setiap sepeda motor hanya boleh mengisi maksimal Rp 20 ribu BBM pertalite (21/8/2022).

Terpantau di dua SPBU tersebut sering terjadi antrian panjang sepeda motor hendak mengisi pertalite.

Dan informasi yang diperoleh, setiap SPBU membatasi penjualan pertalite sebanyak 5000 liter setiap harinya.

Sementara itu, adanya wacana kenaikan BBM jenis Pertalite disampaikan oleh Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan.

Pertalite merupakan salah satu BBM bersubsidi oleh Pemerintah. Namun menurut Luhut, seiring berjalannya waktu, subsidi ke Pertalite terus membengkak.

DOWNLOAD APLIKASI BOROBUDUR NEWS (KLIK DISINI)

Hingga menurutnya, mau tidak mau Pemerintah harus menyusun ulang harga baru Pertalite. Hal ini dilakukan Pemerintah guna mengurangi beban biaya subsidi.

Terdapat sejumlah pertimbangan yang membuat pemerintah merencanakan kenaikan harga BBM subsidi, dalam hal ini Pertalite.

Tingginya harga minyak mentah dunia mendorong meningkatnya gap harga keekonomian dan harga jual pertalite dan berdampak pada kenaikan subsidi dan kompensasi energi.

Hingga saat ini, APBN menanggung subsidi dan kompensasi energi mencapai Rp 502 triliun.

Tanpa ada penyesuaian kebijakan, angka ini bisa meningkat hingga lebih dari Rp 550 triliun pada akhir tahun.

Harga BBM di Indonesia relatif lebih murah dibanding mayoritas negara di dunia. Langkah yang disimulasikan termasuk skenario pembatasan volume,” jelas Luhut.

Otomatis, adanya rencana perubahan Pertalite membuat sebagian masyarakat panik. Bahkan terjadi antrean mengular di berbagai SPBU wilayah Indonesia.

Meski angka konsumsi Pertalite meningkat tajam pasca isu kenaikan harga Pertalite, PT Pertamina (Persero) melalui anak usahanya PT Pertamina Patra Niaga menjamin ketersediaan pasokan bahan bakar minyak jenis Pertalite.

“Untuk mengantisipasi tingginya permintaan, kami pastikan stok dalam kondisi aman dan distribusi ke SPBU akan kami maksimalkan,” ujar Corporate Secretary Pertamina Patra Niaga Irto Ginting.

Untuk proses distribusi dan kondisi stok di SPBU juga akan terus dimonitor secara real time melalui Pertamina Integrated Command Centre (PICC), sehingga SPBU yang stoknya sudah dibatas minimal dapat segera disuplai kembali.

“Jadi masyarakat tidak perlu khawatir. Kami mengimbau masyarakat agar tetap membeli BBM sesuai dengan kebutuhan,” ujar Irto. (*)

About The Author

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: