Bencana Angin Puting Beliung Meluas, Pengungsi Bertambah

BNews—MUNGKID— Bencana angin putting beliung terus meluas di wilayah Kabupaten Magelang hingga siang ini (21/10). Sejumlah kawasan dilaporkan terkena amukan angina berputar tersebut.

Dari sejumlah informasi yang dihimpun borobudurnews, sejumlah desa melaporkan terkena dampak angin. Diantaranya di wilayah objek Wisata Ketep Pass Magelang. Pohon bettumbangan, stand lapak pameran juga ambruk.

Advertisements


Di Desa Dawung Kecamatan Tegalrejo juga terjadi angina kencang tersebut. Sejumlah rumah dilaporkan rusak dibagian atapnya.


Kepala BPPB Kabupaten Magelang menyebutkan kejadian terjadi sejak pukul 20.29 wib di beberapa titik di dua Kecamatan tersebut.  “Untuk tadi malam terjadi di Desa Ketudan, Kenalan dan Desa Pogalan Kecamatan Pakis, dan Desa Wonolelo Kecamatan Sawangan,” katanya.

Disebutkan untuk di Desa Ketundan terjadi di Dusun Krembyungan, Kecitran, Ketundan dan Kiyudan. “Untuk daerah ini mengakibatkan dapak pohon tumbang, Tertutupnya akses jalan Dusun Krembyungan menuju Dusun Pogalan dan Dusun Wekas dan Tertutupnya akses jalan Dusun Kenalan,” imbuhnya.

Sementara disebutkan untuk Desa Kenalan Kecamatan Pakis terdapat sebuah rumpun bambu roboh. “Disini terdapat 5 Rumah tertimpa pohon tumbang. Sehingga penhuninya diungsikan,” jelasnya.

Sedangkan di Desa Pogalan Kecamatan Pakis terjadi di Dusun Kekoan. “Di dusun tersebut terdapat sejumlah pohon tumbang dan akses jalan dusun tertutup,” sebutnya.

Terakhir di Kecamatan Pakis, tadi malam juga terjadi di Desa Kenalan menimpa di dua Dusun yakni Kenalan dan Kedakan. “Akibat angin kencang tersebur sejumlah pohon tumbang menutup akses jalan Dusun,” ungkapnya.

Edi juga menambahkan, Minggu malam angin kencan terjadi di Desa Wonolelo Sawangan yang menimpa di Dusun Pelem. “Akibatnya satu unit  bangunan garasi roboh dan tertutupnya akses jalan menuju Dusun Swanting, Desa Banyuroto,” tambahnya.

“Tadi malam tim langsung menuju TKP dengan dibagi beberapa titik. Salah satunya menuju Dsun Kekoan, Desa Pogalan Pakis dimana disana kurang lebih 50 orang berkumpul di lapangan dan warga dituntun menuju Balai Desa Pogalan agar lebih aman,” bebernya.

Bahkan, dari data yang ada saat ini, jumlah pengungsi sudah bertambah menjadi 60 orang. Mereka masih mengamankan diri di tempat pengungsian meski seskali ada beberapa warga yang pulang melihat kondisi rumah mereka. (bn1/wan)

VIDEO DAHSYATNYA ANGIN PUTING BELIUNG DI MAGELANG

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: