Berdayakan Masyarakat, Pemdes Kalijero Magelang Gelar Pelatihan Pembuatan Blangkon

BNews—MAGELANG— Sejumlah warga Desa Kalirejo Kecamatan Salaman Kabupaten Magelang mengikuti pelatihan membuat Blangkon. Diketahui, Blangkon merupakan tutup kepala yang biasanya digunakan kaum pria sebagai bagian dari pakaian tradisional jawa.

Kepala Desa Kalirejo, Agus Prastya menyebut, Blangkon merupakan salah satu kekayaan budaya bangsa yang harus terus dijaga kelestariannya. Salah satu cara menjaga kelestariannya adalah dengan memberikan pelatihan pembuatan blangkon kepada generasi muda.

Pelatihan pembuatan Blangkon dilakukan di Dusun Krajan, Desa Kalirejo setiap hari Rabu. Sementara anggaran pelatihan, lanjut Agus, berasal dari alokasi Dana Desa.

”Mulai dari tahun 2019, kami menyediakan anggaran untuk pemberdayaan, termasuk pelatihan membuat Blangkon,” katanya.

Dia menjelaskan, pelatihan pembuatan Blangkon ini juga salah satu wujud dukungan dari Pemerintah Desa Kalirejo terkait optimalisasi pemberdayaan masyarakat.

”Desa Kalirejo sudah menyandang predikat sebagai Desa Inspirasi. Untuk itu kegiatan pemberdayaan masyarakat harus terus ditingkatkan. Salah satu kegiatannya adalah pelatihan membuat blangkon,” jelasnya.

Mentor pelatihan pembuatan Blangkon, Dedi Panggung Suprabowo menambahkan jika peserta pelatihan itu diambil dari pemuda-pemudi dan warga di wilayah Desa Kalirejo.

“Sementara ini materi yang kami berikan berupa pembuatan Blangkon gaya Yogyakarta atau Mataraman,” kata Dedi.

Dirinya yang juga sebagai salah satu Staff di Bidang Kebudayaan Disdikbud Kabupaten Magelang mengharapkan kegiatan pelatihan ini dapat memberikan ketrampilan baru bagi pemuda-pemudi Desa Kalirejo.

“Desa Kalirejo ini juga letaknya tidak begitu jauh dari wilayah Borobudur. Sehingga Blangkon ini dapat menjadi produk souvernir yang dapat diproduksi secara mandiri. Atau bisa juga menciptakan lapangan kerja pembuatan Blangkon Alusan untuk perlengkapan busana Jawa,” pungkasnya. (*)

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: