Berikut Tuntutan Demo #MagelangBergerak Hari Ini

BNews—MAGELANG— Hari ini, Senin (30/12), Massa aksi #MagelangBergerak kembali turun ke jalan. Para demonsran menuntut penuntasan pelanggaran Hak Asasi Manusia yang terjadi di beberapa daerah di Indonesia. Berikut Borobudur News rangkum beberapa isu yang diangkat dalam aksi di Alun-alun Magelang.

Penggusuran warga Tamansari di Bandung

Dalam merealisasikan pembangunan rumah deret, Pemerintah Kota Bandung melakukan penertiban dengan mengerahkan ribuan personel dibantu petugas kepolisian dan TNI. Kericuhan antara massa dengan petugas sempat mewarnai proses pembongkaran sejumlah bangunan hunian di RW 11 Kelurahan Tamansari, Kota Bandung, Kamis (12/12). Polisi telah memeriksa 94 anggota, lima diantaranya terbukti melakukan pelanggaran disiplin.

Penggusuran di Tambakrejo Semarang

Ratusan warga RT 05/ RW 16 Dusun Tambakrejo, Kelurahan Tanjungmas, Semarang Utara, digusur Pemerintah Kota Semarang dari bantaran sungai tempat mereka tinggal selama ini, Kamis (09/05). Hal itu disebabkan pemukiman mereka menjadi bagian proyek normalisasi banjir kanal timur untuk mengendalikan banjir.

Penggusuran itu menyebabkan warga yang mayoritas berprofesi sebagai nelayan memilih tinggal di tenda-tenda sekitar bantaran sungai. Mereka menolak direlokasi ke Rusunawa Kudu yang lokasinya jauh dari laut karena khawatir akan kehilangan mata pecarian.

Warga terdampak limbah PT Rayon Utama Makmur (RUM) di Sukoharjo

Limbah bau limbah PT Rayon Utama Makmur Sukoharjo (RUM) masih dianggap momok bagi warga. Persoalan limbah mencuat pada Oktober 2017 dimana ada warga yang mengungsi karena tidak kuat mencium bau limbah. Limbah yang terus muncul memantik reaksi warga sehingga terjadi demonstrasi menutup PT RUM.

Kawan-Kawan Mahasiswa Korban Kerusuhan Aksi Reformasi Dikorupsi

Aksi demonstrasi #ReformasiDikorupsi yang menolak revisi UU KPK dan RKUHP pada akhir September lalu mengakibatkkan lima orang meninggal dunia. Mereka adalah Immawan Randi dan Yusuf Kardiawi, mahasiswa Universitas Halu Oleo;  Pemuda asal Tanah Abang, Maulana Suryadi; serta dua pelajar Akbar Alamsyah dan Bagus Putra Mahendra. Diduga mereka menjadi korban akibat tindakan berlebihan yang dilakukan aparat.

DOWNLOAD APLIKASI BOROBUDUR NEWS (KLIK DI SINI)

Warga Terdampak PLTU di Cilacap

Warga Dusun Winong, Desa Slarang, Kabupaten Cilacap Jawa Tengah menderita akibat dampak debu dari tempat penyimpanan sementara limbah abu PLTU. Jarak yang hanya berpaut lima meter dari permukiman mengakibarkan dengan mudah debu mengotori udara, tanaman, lantai hingga masuk ke rumah.

Sebanyak 150 warga sempat dirawat di rumah sakit akibat Infeksi Saluran Pernapasan Akut (ISPA). Senin, 30 September, 200 warga mendemo kantor DLH Kabupaten Cilacap menagih janji pemerintah membebaskan warga dari pencemaran limbah PLTU.

Kasus Novel Baswedan

Penyidik senior Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Novel Baswedan disiram air keras oleh dua orang tak dikenal pada 11 April 2017. Ia diserang usai salat subuh berjamaah di Masjid Ihsan tidak jauh dari rumahnya. Polisi akhirnya berhasil menangkap dua pelaku penyerangan berinisial RM dan RB, anggota brimob aktif berpangkat birgadir. (*/han)

Penulis: Wahid Fahrur Anas (Wartawan Magang IAIN Purwokerto)

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: