Berkunjung Ke Magelang, Jangan Lupa 10 Oleh-Oleh Khas Wajib Dibawa Pulang

BNews–MUNGKID– Magelang Jawa Tengah terdiri dari Kabupaten dan Kota Madya yang memiliki ciri khasnya masing-masing. Meskipun tidak jauh berbeda, dua wilayah tersebut terkenal akan wisata dan kulinernya.

Salah satunya adalah sebuah keajaiban dunia yang berada di Kabupaten Magelang, yaitu Candi Borobudur. Sedangkan di Kota Magelang terkenal akan sejarahnya dan menjadi salah satu Kota tertua di Indonesia.

Selain terkenal dengan Candi Borobudur nya, di Magelang  ternyata memiliki banyak sekali kuliner unik, dan pastinya wajib banget dicoba saat berkunjung ke Magelang.

Selain mencicipi kalian juga bisa membeli kuliner-kuliner yang ada dibawah ini untuk oleh-oleh teman, keluarga, ataupun orang tersayang.

Kuliner oleh oleh ini banyak sekali tersedia di pusat oleh-oleh atau di pasar pasar yang ada. Tidak sedikit juga di kawasan wisata banyak yang menjual kuliner unik asal Magelang ini.

Meskipun jenisnya sama, namun banyak brand atau merk yang menjualnya. Namun jangan khawatir, rasa dan kualitasnya tidak jauh berbeda. Dijamin cocok dibawa pulang para wisatawan yang berkunjung.

Sebenarnya banyak, namun kali ini Borobudurnews.com mencoba mereview 10 Oleh oleh khas magelang.

Daftar 10 Oleh Oleh Khas Magelang :

1. Gethuk Bolen

Gethuk Bolen Magelang
Gethuk Bolen Magelang

Gethuk Bolen ini adalah camilan khas Kota Magelang yang wajib banget dibeli saat berada di Magelang.

Jadi Gethuk Bolen ini terdiri dari singkong, dan kulit pastry yang gurih sehingga memberikan perpaduan isian gethuk bolen yang menjadi kesatuan yang sempurna saat masuk kedalam mulut.

Untuk menemukann Gethuk Bolen ini sangat mudah kalian bisa menemukannya dipusat oleh-oleh. Dan salah satu yang paling terkenal dengan Getuk Bolen yang enak adalah Fiory Bakery & Patisery yang berada di jalan Diponegoro, Magelang.

2. Permen Tape

permen tape magelang
permen tape magelang

Permen Tape ini memang terbilang unik, dan pastinya masih asing bagi kalian yang tinggal diluar Pulau Jawa.

Hal ini karena Permen Tape ini biasanya ditemukan di Pulau Jawa saja. Dan Permen Tape ini menjadi salah satu oleh-oleh khas Magelang yang wajib banget dicicipi saat berkunjung.

Permen Tape ini terdiri dari gula, kelapa, dan perasa tape. Permen Tape ini dibandrol seharga 20 ribu saja. Namun tergantung merk dan brand juga lho.

DOWNLOAD APLIKASI BOROBUDUR NEWS (KLIK DISINI)

3. Grubi

Grubi magelang
Grubi magelang

Camilan yang manis satu ini memang sangat terkenal dengan teksturnya yang manis, renyah, dan bikin nagih.

Grubi ini adalah camilan khas Magelang, dan Grubi terdiri dari ubi jalar yang diparut lalu dicampur dengan gula merah.

Grubi ini biasanya dijual dipuast oleh-oleh, pasar, dan toko pinggir jalan dengan harga yang murah meriah yaitu 1 bungkus hanya 10 ribu. Nah dari pada penasaran sama rasa Grubi langsung aja yuk beli Grubi.

4. Wajik

Wajik Magelang
Wajik Magelang

Siapa disini yang belum pernah cobain camilan tradisional bernama wajik? nah wajik ini memiliki tekstur yang lembut, dan rasa yang manis.

Jadi saat kalian menggit wajik ini 1 gigitan saja tidak cukup, karena tekstur, dan rasa dari wajik ini bikin nagih.

 Untuk 1 kotak wajik ini biasanya dijual 50 ribu beratnya sekitar 800 gram, dan kalian bisa menemukan wajik dipusat oleh-oleh yang ada di Magelang. Dan biasanya bersandingkan dengan jenang dan krasikan yang hampir mirip.

5. Gula Kacang

Gula Kacang
Gula Kacang

Jika kalian suka dengan camilan manis maka sudah tidak asing lagi bukan dengan Gula Kacang? Yups camilan yang satu ini memang sangat lezat.

Jadi gula kacang ini terdiri dari kacang yang disiram dengan cairan gula merah, dan akan didiamkan sehingga gula tersebut akan membeku bersama kacang.

Saat sudah beku gula kacang ini bisa dimakan langsung, dan tekturnya sangat renyah. Untuk 1 bungkus Gula Kacang ini biasnaya dibandrol sekitar 20 ribuan saja, dan kalian bisa menemukannya dipusat oleh-oleh yang ada di Magelang .

DOWNLOAD APLIKASI BOROBUDUR NEWS (KLIK DISINI)

6. Keripik Slodok

Keripik Slondok Magelang
Keripik Slondok Magelang

Keripik Slodok ini menjadi camilan kesukaan orang Magelang, dan Keripik Slodok ini wajib ada untuk camilan di rumah.

Karena Keripik Slodok ini sangat gurih, dan sangat lezat dinikmati bersama teh hangat.

Keripik Slodok ini berbahan dasar singkong, dan untuk rasa kalian bisa pilih ingin pedas, manis, atau original. Keripik Slodok biasanya dijual sekitar 15 ribu untuk 1 bungkus.

7. Pothil

Pothil Magelang
Pothil Magelang

Camilan yang ada diurutan ketujuh ini bisa menjadi pilihan kalian yang ingin mencari oleh-oleh murah di Kota Magelang, dan Pothil ini memiliki varian rasa yang beragam.

Ragam pothil antara lain ada rasa Pothil keju, Pothil pizza, Pothil jagung bakar, dan masih banyak lagi varian rasa Pothil yang bisa kalian pilih.

Pothil ini dijual seharga 10 ribu saja, dan cocok banget untuk kamu jadikan oleh-oleh teman atau keluarga dirumah.

8. Tape Ketan

Tape Ketan Magelang
Tape Ketan Magelang

Selain permen tape di Kota Magelang juga ada Tape Ketan yang menjadi camilan kas Magelang yang wajib banget dicoba saat berkunjung ke wilayah dingin ini.

Nah Tape Ketan ini memiliki rasa asam, manis, dan tekstur Tape Ketan yang ini lembut. Warna hijau dari Tape Ketan ini dijamin aman  karena berasal dari perasan daun katuk.

Dan Tape Ketan ini aman untuk dikosumsi. Untuk kalian yang berada di Magelang ingin membeli Tape Ketan bisa datang ke Kawasan Pemuda, dan mampir ke Tape Ketan 181 disini terkenal banget sama tape ketannya.

DOWNLOAD APLIKASI BOROBUDUR NEWS (KLIK DISINI)

9. Getuk Trio

Gethuk Trio Magelang
Gethuk Trio Magelang

Getuk Trio ini memang menjadi buruan wiastawan saat berkunjung ke Magelang. Hal ini karena Getuk Trio ini menjadi camilan khas Magelang yang wajib banget dicoba saat berkunjung.

Getuk Trio ini terdiri dari singkong, dan kenapa diberi nama Getuk Trio? karena warna dari gethuk ini ada tiga (trio) yaitu putih, coklat, dan merah muda.

Untuk rasa dari Getuk Trio ini manis, gurih, dan teksturnya lembut. harga dari Getuk Trio ini biasanya sekitar 14 ribu saja. Cocok banget deh buat buah tangan kalian saat berkunjung ke  Magelang.

10. Buntil

Bunthil Magelang
Bunthil Magelang

Makanan yang satu ini termasuk makanan tradsional khas Magelang, dan butil ini bisa kalian bawa pulang untuk jadi oleh-oleh keluarga dirumah.

Jadi Buntil ini terdiri dari ikan asin, udang, pete, parutan kelapa, dan akan dbungkus bersama dengan daun talas muda.

Saat masuk ke mulut Buntil ini sangat lezat, dan pastinya bikin nagih. Untuk 1 Buntil ini dibandrol seharga 2 ribu saja, dan kalian bisa membelinya di Pasar Tukangan.

Sebenarnya masih banyak oleh oleh khas Magelang yang wajib kalian ketahui. Dan semuanya biasanya tersedian di pusat oleh-oleh atau pasar sekitar lokasi wisata.

Dan saran aja, jika berkunjung ke Magelang jangan cuman satu hari saja. Karena membutuhkan waktu lama untuk menikmati ratusan keindahan wisata dan kuliner di Magelang. (bsn)

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: