IKLAN PARTAI HUT DEMOKRAT

BID di Muntilan, Ajang Promo Inovasi Desa

BNews—MUNTILAN— Kegiatan Bursa Inovasi Desa  (BID) Kecamatan Muntilan dilaksanakan Sebagai Inspirasi Desa yang diprakasai oleh Tim Pelaksana Inovasi Desa (TPID). Acara ini digelar di TEA Desa Sokorini Kecamatan Muntilan dengan peserta dari perwakilan desa se Kecamatan Muntilan (24/7).

Turut hadir dalam kegiatan ini Konsultan Pendamping Wilayah 4 Provinisi Jateng, Kepala Dinas Dispermades Kabupaten Magelang, Plt. Camat Muntilan dan Sekretaris Camat Muntilan. “Kegiatan ini dilaksanakan sebagai forum penyebaran dan pertukaran inisiatif atau inovasi masyarakat yg berkembang di desa,” ungkap Nur Alam Kartika selaku ketua panitia.

Bursa Inovasi Desa merupakan bagian tak terpisahkan dari model pengelolaan pengetahuan dan inovasi desa dan media belajar bagi desa untuk memperoleh informasi dan kegiatan inovasi yg dapat mendukung pembangunan desa. “Untuk peserta BID Kecamatan Muntilan ini dari 13 desa dimana setiap desa di wakili oleh 3 peserta yang terdiri dari kades, ketua BPD dan tokoh masyarakat,” imbuhnya.

Nur Alam juga menyampaikan bahwa jumlah capture inovasi desa ada 3, yakni yang meliputi SLBM Desa Pucung rejo, Rumah Pintar  Desa Sedayu dan Dewi Dusatri  Desa Taman Agung. “Selain itu Menu bursa di ambil dari Menu nasional 2017 dan 2018, Menu BID Kab Magelang 2018, Menu lokal kecamatan muntilan terdiri dari : 16 menu Infrastruktur, 9 Menu Sumber Daya Manusia dan 8 Menu Kewirausahaan,” tandasnya.

Loading...

Sementara Plt Camat Muntilan Jawawi memberikan apresiasi kepada para Pendamping Desa dan Tim Pelaksana Inovasi Desa Kecamatan Muntilan yang telah melaksanakan kegiatan Bursa Inovasi Desa ini dengan semangat dan kreatifitas yang baik. “Kegiatan ini tentu akan memberikan manfaat bagi tiap – tiap Desa yang hadir tentang adanya gambaran inovasi atau kreatifitas pengembangan desa di daerah masing – masing khususnya di wilayah Muntilan,” ungkapnya.

“Saya berharap dengan adanya kegiatan ini desa mampu menganggarkan dengan ApbDes guna menginovasi desa masing – masing agar tercipta Desa Inovasi yang bisa menjadikan contoh,” tegasnya.

Turut memberikan keterangan yakni Yohana Sulistyowati selaku Kasubbag Umum dan Kepegawaian Dipermades Kabupaten Magelang yang menyampaikan bahwa Bursa Inovasi Desa kali ini berbeda dengan kegiatan di kecamatan lain dengan tampilan yang menarik dan menginspiratif kecamatan lain. “BID dilaksanakan juga untuk membantu desa dalam meningkatkan kwalitas pembangunan melalui pertukaran pengetahuan kegiatan yang inovatif untuk memberi inspirasi dan alternative kegiatan bagi pembangunan desa,” ujarnya.

Hasil yang di harapkan dari BID ini adalah terdesiminasikan informasi penting terkait Program inovasi desa dan terdesiminasikan rencana PPID dan P2KTD kepada pemangku kepentingan di desa. “Disamping itu juga akan terbangunnya dukungan dan kerjasama dari pemangku kepentingan. Dari kegiatan ini juga akan tersedianya document pembelajaran tentang inisiatif atau inovasi masyarakat yang berkembang di desa dalam menyelesaikan masalah dan mendukung peningkatan kualitas pembangunan,” pungkasnya. (bsn)

Kaos Deglang
1 Comment
  1. Eny Prastyani says

    Sukses selalu utk Program Inovasi Desa di Kecamatan Muntilan

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: