Penjual Tanaman Anggrek Di Magelang Ini Sukses Selama Pandemi

BNews–MAGELANG– Seorang penjual tanaman khusus anggrek di Magelang ini kebanjiran omset selama pandemi. Hal ini dipicu dengan banyaknya masyarakat yang beraktifitas di rumah saja sehingga membutuhkan kegitan lain.

Penjual Anggrek tersebut yakni Anik, yang membuka lapaknya hanya di kebunnya sediri di daerah Menayu Muntilan Magelang. Ia mengaku dalam sepekan ini omzetnya bisa mencapai Rp 15 juta.

“Ya laku sekitar 200 anggrek, termasuk bibitnya,” ujar Anik (12/3/2021).

Dia menyebutkan untuk harga anggrek yang dijual di kebunnya beragam. Mulai dari Rp 50.000 hingga Rp 2,5 juta.

Hal tersebut tergantung jenisnya. Selain menjual anggrek, Anik menjual bibit, vitamin anggrek, pot, serta media tanam.

“Saya juga buka konsultasi via WA karena banyak pelanggan saya pencinta anggrek pemula,” ujar guru yang mengajar di SMP N 2 Mertoyudan ini.

Menurutnya,selama kurang lebih lima tahun berbisnis, penjualan anggrek selalu stabil. Namun di masa pandemi, kebunnya semakin ramai pembeli.

Pelanngganya pun banyak yang berasal dari luar Magelang, seperti Gombong dan Semarang. Mereka kebanyakan kalangan ibu-ibu yang butuh alternatif kegiatan selama di rumah.

Perempuan paro baya yang menyukai anggrek sejak 1995 ini juga memasarkan anggrek melalui media sosial. Pemasarannya sudah sampai luar Jawa, seperti Sumbawa.

Dalam sebulan, Anik mengaku bisa memutarkan uang senilai Rp 50 juta hingga Rp 75 juta untuk menggerakkan bisnis anggreknya.  

“Alhamdulillah, ini pandemi membawa berkah,” pungkasnya. (bsn)

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: