BPC HIPMI Audiensi dengan Litbangda Kabupaten Magelang, Siap Kolaborasi Program Kerja

BNews—MAGELANG— Badan Pengurus Cabang Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (BPC HIPMI) Kabupaten Magelang melakukan audiensi dengan Litbangda Kabupaten Magelang di Ruang Soko Songo Kompleks Bappeda Kabupaten Magelang, beberapa waktu lalu.

BPC HIPMI Kabupaten Magelang mengaku siap bersinergi dan kolaborasi dengan seluruh stakeholder di Kabupaten Magelang, termasuk Bappeda dan Litbangda Kabupaten Magelang.

”Kami akan bersinergi dan kolaborasi, salah satunya saling mensupport UMKM,” kata Ketua BPC HIPMI Kabupaten Magelang, Hijrah Kurniawan Aprianto dalam keterangan tertulis yang diterima borobudurnews.com, Selasa (12/3/2024).

Selain itu juga share to share mengenai potensi Kabupaten Magelang. ”Dalam hal proker-proker yang ada dan tujuan bersama dari berbagai sektor, seperti pertanian, UMKM dan lain sebagainya,” jelasnya.

Dia menyebut, kolaborasi ini bertujuan untuk keberlanjutan ekonomi (sustainability economy) Kabupaten Magelang berbasis loyalitas konsumen. Dimana membuat wilayah ini menjadi suatu ciri khas tersendiri sehingga membentuk loyalitas konsumen lokal maupun domestik.

IKUTI BOROBUDUR NEWS di GOOGLE NEWS (KLIK DISINI)

”Konsep sustainability economy Kabupaten Magelangperlu adanya koordinasi yang matang. Sehingga membentuk suatu perancangan yang pasti dalam bentuk blueprint ataupun grand plan,” ujar Hijrah.

Lanjut Hijrah, konsep tersebut akan menyesuaikan dari segi awal sampe konsep marketing yang bagus, contonya marketin Gen Z. Jadi menyesuaikan kebutuhan dan tujuan bersama.

Namun tidak semua proker Litbangda Kabupaten Magelang dapat disoundingkan dengan BPC HIPMI Kabupaten Magelang.

”Semisal proker A dan dalam proker tersebut perlu adanya kolaborasi dengan HIPMI, dari situlah kami akan masuk secara bersama-sama dan mengkolaborasikan,” imbuh Hijrah.

Sementara itu, salah satu staf Litbangda Kabupaten Magelang, Dhanik memaparkan bahwa ada satu program, tiga kegiatan dan enam sub kegiatan yang bisa dikolaborasikan dengan BPC HIPMI Kabupaten Magelang.

Programnya yakni penelitian dan pengembangan daerah. Untuk kegiatannya, pertama ada Penelitian dan Pengembangan Bidang Penyelenggaraan Pemerintahan dan Pengkajian Peraturan.

IKUTI BOROBUDUR NEWS di GOOGLE NEWS (KLIK DISINI)

”Sub kegiatan, pengelolaan data kelitbangan dan peraturan mencakup pelaksanaan CoSfRE (Klinik Penelitian), pengelolaan website  e-PIKIR. Fasilitasi dan evaluasi pelaksanaan kegiatan data dan pengkajian mencakup penyusunan Perbup Penyelenggaraan Inovasi Daerah (PID), fasilitasi penyusunan akademiik Raperda,” paparnya.

Kegiatan kedua adalah penelitian dan pengembangan Bidang Ekonomi dan Pembangunan. Sub kegiatan penelitian dan pengembangan penataan ruang dan pertahanan yang mencakup pelaksanaan kolaborasi dengan perguruan tinggi dan pelaksanaan inovasi laba Litbang di Desa Wonolelo Kecamatan Sawangan dan Desa Sambak Kecamatan Kajoran.

Kegiatan ketiga, pengembangan inovasi dan teknologi. Sub kegiatan penelitian, pengembangan dan perekayasaan di bidang teknologi dan inovasi mencakup pelaksanaan lomba krenova, pemetaan daya saing daerah, identifikasi dan pendampingan inovasi OPD dan masyarakat, ikut serta dalam Penilaian Indeks Inovasi Daerah (IID) atau Innovative Government Award (IGA). Sosialiasi dan diseminasi hasil-hasil kelitbangan mencakup sosialisasi dan diseminiasi hasil penelitian dan pameran hasil inovasi.

”Beberapa program tersebut  ditawarkan oleh Litbangda untuk dikolaborasikan dengan BPC HIPMI Kabupaten Magelang,” pungkasnya. (*)

About The Author

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: