BREAKING NEWS : Pemerintah Resmi Bubarkan dan Larang Kegiatan FPI

BNews–NASIONAL-– Pemerintah memutuskan untuk menghentikan kegiatan dan membubarkan organisasi massa Front Pembela Islam ( FPI).

Keputusan ini disampaikan Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Mahfud MD dalam konferensi pers di Kantor Kemenko Polhukam pada Rabu (30/12/2020).

 “Pemerintah melarang aktivitas FPI dan akan menghentikan kegiatan yang dilakukan FPI karena FPI tidak lagi memiliki legal standing baik sebagai ormas maupun organisasi biasa,” ujar Mahfud MD.

Disebutkannya, sebenarnya hal tersebut berlaku sejak 20 Juni 2019 secara de jure telah bubar sebagai ormas. “Tetapi sebagai organisasi, FPI tetap melakukan aktivitas yang melanggar ketertiban dan keamanan yang melanggar hukum,” ungkap Mahfud MD dikutip dari Kompas TV.

“Seperti tindak kekerasan, sweeping secara sepihak, provokasi, dan sebagainya,” ungkapnya.

Mahfud MD menyebut berdasar peraturan perundang-undangan dan sesuai putusan MK, tertanggal 23 Desember 2014. Pemerintah melarang aktivitas FPI dan akan menghentikan setiap kegiatan FPI.

“Karena FPI tidak lagi mempunyai legal standing baik ormas maupun organisasi biasa,” ujarnya.

Loading...

“Kalau ada sebuah organisasi mengatasnamakan FPI, dianggap tidak ada dan harus ditolak, terhitung hari ini,” tegas Mahfud.

Adapun dalam konferensi pers tersebut, Mahfud MD didampingi Mendagri Tito Karnavian, Kepala BIN Budi Gunawan; Menkumham Yassona Laoly, dan Menkominfo Jhonny G Plate.

Kemudian Jaksa Agung Burhanudin, Panglima TNI Hadi Tjahjanto, Kapolri Idam Azis, Kepala KSP Moeldoko; Kepala BNPT Komjen Pol Boy Rafli Amar, dan Kepala PPATK Dian Ediana. (*)

Kaos Deglang

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: