Bupati : Dilarang Menerbangkan Balon Udara Saat Idul Fitri

0
161

BNews-MUNGKID- Hari Raya Idul Fitri bagi umat islam memang di rayakan layaknya hari kemenangan. Adat Tradisi sungkeman saling maaf memaafkan menjadi tujuan utamanya sambil berkumpul dengan keluarga dan kerabat.

  Di Magelang sendiri tradisi yang tidak bisa ditinggalkan biasanya dengan menerbangkan balon udara dan menyalakan petasan saat hari raya sehabis Sholat I’ed. Namun ternyata sekarang kegiatan ini sudah dilarang oleh pemerintah.

  Melalui surat perintah Presiden melalui Kapolri kepada seluruh jajaran kepala daerah untuk membantu mensosialisasikan hal ini. “ Saya sudah mendapat surat edaran untuk menghimbau kepada seluruh masyarakat, khususnya masyarakat Magelang untuk tidak menerbangkan balon udara karena akan mengganggu jalur transportasi udara dna tentunya akan sangat membahayakan,” ungkap Bupati Magelang Zaenal Arifin kemarin sore saat melaksanakan Buka Bersama (22/6).

  Surat edaran ini juga di perkuat dengan keterangan dari pihak jajaran kepolisian Polres Magelang. Kapolres Magelang AKBP Hindarsono melalui Kabagops Kompol Ngadiso juga menegaskan larangan menerbangkan balon udara dan menyalakan mercon/petasan sebenarnya sudah sejak tahun-tahun kemarin dilarang.

“Sebenarnya sudah kami himbau juga untuk tidak menerbangkan balon udara dan kami sudah banyak menyita dan merazia obat petasan ini, namun memang sosialisasinya masih kurang ke masyarakat untuk tingkat kesadarannya,” ungkapnya.

  Bupati Magelang juga menambahkan dari jajaran pemerintah daerah Kabupaten Magelang sudah memberikan surat edaran ke jajaran pemerintah bawahnya untuk membantu mensosialisasikan ke warganya soal ini.

”Kami sudah surati dan mengirim surat edaran ke seluruh camat se Kabupaten Magelang untuk memberikan arahan dan surat sampai ke tingkat Kepala Desa untuk membantu mensosialisasikan hal ini,” pungkasnya. (bsn)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here