IKLAN PARTAI HUT DEMOKRAT

Calon Haji Asal Kabupaten Magelang Mayoritas Lansia

BNews-MUNGKID– Jemaah lanjut usia (lansia) Kabupaten Magelang mendominasi calon haji tahun ini. Sebanyak 1210 quota jamaah haji, 70 persennya berusia diatas 60 tahun.

Hal itu diungkapkan oleh Kemenag Kabupaten Magelang Mad Sabilul Wafa, kemarin. Menurutnya, jumlah jamaah lansia setiap tahunnya masih mendominasi. “Karena banyak jamaah yang lansia tentu kita akan ada perlakuakan khusus,” kata dia.

Pihaknya memastikan para jamaah untuk dapat melaksanakan salah satu rukun Islam tersebut. “Pastinya dengan aman, nyaman, dan sebagaimana mestinya,” lanjutnya.

Wafa mengatakan sejauh ini quota haji memang sudah ditentukan. Namun jumlah tersebut dimungkinkan akan bertambah sesuai informasi dari Kementerian Agama.

Loading...

“Sudah finalisasi tinggal nunggu pelunasan terakhir dan kuota tambahan. Kita masih menunggu surat dari Dirjen Kementrian Agama RI,” tutur Wafa.

Dalam prosesnya, terdapat kendala, yakni adanya dokumen ganda calon haji akibat kurang teliti saat mendaftar.

“Tidak ada kendala berarti, hanya di persyaratan dokumen imigrasi. Karena jemaah haji itu kan dari lapisan komponen masyarakat, mestinya mereka tidak begitu teliti ketika mendaftarkan haji waktu itu sehingga ada beberapa dokumen yang memang orangnya satu tapi dokumennya ada beberapa perbedaan,” jelas Wafa.

Namun demikian, menurut Wafa hingga saat ini kondisi itu tidak menghambat dan sudah dapat teratasi.

“Tapi kita sudah atasi semuanya (dokumen ganda itu) dan saat ini Insya Allah sudah ready, tinggal pelunasan akhir dan kita prosesnya sudah pengkloteran, kemudian mulai manasik,” lanjutnya.

Agar kejadian tidak terulang lagi, pihak Kemenag Kabupaten Magelang menghimbau agar setiap masyarakat yang hendak mendaftar haji untuk lebih teliti terhadap kelengkapan dokumen. (bsn/bn1)

Kaos Deglang

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: