IKLAN PARTAI HUT DEMOKRAT

Cara Membuat Website dengan Mudah

BNews—MAGELANG—Kebutuhan website di era digital seperti saat ini tidak bisa dipungkiri menjadi hal penting. Untuk itu, perlu persiapan dan ilmu untuk membuatnya.

Pertama tama lakukan pembelian domain, hosting, dan data-data pendukungnya. Kemudian masuk kedalam proses pembuatan website.

1. Instalasi WordPress

Untuk mempersingkat waktu, tutorial cara instalasi wordpress di cPanel tidak akan saya jelaskan di artikel ini melainkan bisa Anda baca melalui postingan sebelumnya terkait Panduan Cara Install WordPress Di cPanel Dengan Mudah. Anda bisa mengikuti panduan tersebut mulai dari langkah persiapan sampai dengan penutupan yang ditandai dengan munculnya akses halaman login ke Dashboard WP Admin.

2. Menambahkan Theme

Biasanya website sekolah menggunakan theme khusus yang relatif berbeda jika dibandingkan dengan theme website komersial pada umumnya. Kendati demikian, cara pasang theme website sekolah masih sama yakni melalui Menu Appereance >> Theme  >> Add new >> Upload.

cara install plugin buddypress

Loading...

cara install plugin buddypress

3. Setting Permalink

Agar website sekolah yang kita bangun lebih rapi dan SEO Friendly, maka kita juga harus mengatur permalink untuk tiap artikel dan halaman landing page. Cara mengaturnya cukup mudah, yakni tinggal menuju ke menu Setting/Pengaturan >> pilih Permalinks. Untuk settingannya sendiri bisa menggunakan tag (/%postname%/ ) agar seriap URL yang sudah di publish bisa sesuai dengan judul halaman tanpa tahun maupun bulan.

4. Instal Plugin Buddypress

Plugin Buddypress merupakan salah satu plugin populer yang banyak direkomendasikan ketika kita ingin membuat website untuk kebutuhan komunitas, seperti website sekolah untuk menjaring alumni, guru, dan siswa agar bisa saling terhubung dan berinteraksi.

Dengan menggunakan plugin ini Anda juga mengaktifkan fitur khusus yang memungkinkan pembaca untuk mendaftar sebagai anggota bahkan membuat halaman profil yang merupakan cara bagus untuk menarik minat audiens. (her/wan)

Kaos Deglang

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: