Catat, Ini 15 Hal Yang Membatalkan Puasamu

BNews—NASIONAL— Puasa Ramadan merupakan tradisi tahunan yang dilakukan umat Islam untuk menahan nafsu, makan dan minum. Mulai dari terbit matahari sampai terbenamnya mentari.

Saat menjalankan puasa, tidak sedikit pantangan yang ketika dilanggar akan membatalkan. Berikut Borobudur News rangkum 15 hal yang membuat ibadah puasa kamu jadi batal:

Makan dan Minum dengan Sengaja

Hal pertama yang membatalkan puasa adalah makan dan minum dengan sengaja. Bila kamu makan dan minum dengan tidak sengaja karena lupa, maka itu tidak membatalkan. Namun, makanan dan minuman yang tersisa di mulut harus segera dikeluarkan.

Muntah

Saat berpuasa, kita tidak diperkenankan untuk memasukan ataupun mengeluarkan apapun dari dalam tubuh. Karena itu, hal yang membuat batal puasa selanjutnya adalah muntah. Entah itu disengaja ataupun tidak disengaja.

Merokok

Merokok juga merupakan hal yang dapat membatalkan puasa. Dengan merokok, artinya kamu memasukkan sesuatu ke dalam tubuh dan dapat dirasakan lidah.

Haid atau Nifas

Saat kita puasa, tubuh harus dalam keadaan suci. Oleh karena itu, hal yang membuat batal puasa bagi perempuan adalah haid dan nifas atau darah setelah melahirkan. Darah yang keluar pada saat haid dan nifas adalah darah kotor yang dapat membatalkan puasa.

Gila atau Hilang Akal

Orang gila tentu saja sudah tidak bisa berfikir secara jernih sehingga tidak diwajibkan untuk berpuasa. Namun, bila kamu sedang berpuasa lalu tiba-tiba hilang akal, maka batal puasanya.

Bekam

Bekam merupakan metode pengobatan yang mengeluarkan darah yang mengandung toksin dari tubuh manusia. Sebagaimana kita tahu, selama puasa tidak diperkenankan mengeluarkan apapun dalam tubuh termasuk darah.

Baca juga: Marak Pencurian Pembegalan saat Covid-19, Ganjar: Kalau Melawan Dor Saja

Suntikan

Pada umumnya saat kita disuntik, kita akan dimasukkan obat serta cairan yang baik untuk tubuh. Karena itu, suntikan merupakan hal yang membuat batal puasa. Cairan yang masuk ke dalam tubuh bisa menghilangkan rasa haus dan juga lapar pada tubuh.

Berhubungan Seksual

Melakukan hubungan seksual dengan suami atau istri saat siang hari dapat membatalkan puasa. Jika kamu tidak bisa menahan nafsu sehingga berhubungan seksual saat berpuasa, maka diwajibkan untuk mengganti puasa serta membayar kifarat atau denda.

Mengeluarkan Air Mani

Pada umumnya kita mengeluarkan sperma jika terangsang oleh sesuatu atau nafsu. Namun, bila kita mengeluarkan air mani pada kondisi mimpi basah, maka puasa tidak batal

Menelan Dahak

Bila seseorang mengeluarkan dahak yang sudah dikeluarkan ke rongga mulut, lalu ditelan kembali dengan sengaja, maka hal ini dapat membatalkan puasa. Menurut beberapa pendapat ulama dahak berasal dari pangkal hidung alias tidak keluar dari mulut sehingga mirip dengan muntah.

Berenang

Pada dasarnya berenang diperbolehkan saat berpuasa. Namun kamu harus menjaga agar air tidak masuk ke dalam tubuh. Dan ini pastinya sulit untuk dihindari sehingga ada baiknya kamu menunggu hingga waktu berbuka untuk berenang.

Murtad

Murtad merupakan salah satu hal yang dapat membatalkan puasa karena murtad adalah membuang iman atau ingkar terhadap agama Islam.

Mengobati Kemaluan atau Dubur

Apabila melakukan pengobatan melalui kemaluan, dubur atau kedua-duanya bagi orang yang sakit dapat membatalkan puasa. Hal ini disebabkan karena obat akan masuk ke dalam tubuh, sehingga puasa menjadi batal.

Emosi

Apabila seseorang mengeluarkan emosi yang berlebihan saat puasa, hal tersebut tidak membuat puasa batal, hanya saja dapat mengurangi pahala puasa.

Selain itu, saat seseorang marah atau emosi, membuat mereka tidak mengontrol diri sehingga dapat mendorong mereka melakukan hal yang keji, seperti memukul, membunuh dan lainnya.

Memakan Selain Makanan pada Umumnya

Apapun yang masuk ke dalam mulut baik mengenyangkan atau tidak, bisa membatalkan puasa. Contohnya seperti tertelan batu kecil, serpihan terigu atau obat-obatan. Intinya saat berpuasa kamu tidak boleh menalan apapun. (han)

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: