Stok Darah di PMI Muntilan Masih Aman Dengan Donor Pengganti

BNews–MUNTILAN– Meskipun ditengah pandemi covid-19 dan baru saja melewati bulan suci Ramadhan, stok darah di PMI Kabupaten Magelang dinilai aman. Hal tersebut juga karena permintaan kantong darah masih dalam jumlah yang wajar.

Pelaksana Teknis/Petugas laborat UDD PMI Kabupaten Magelang, Susi Setyawati, menjelaskan, stok kantung darah tersebut dapat mencukupi permintaan pasien selama Ramadhan dan Lebaran. Hal ini dikarenakan juga dibantu dengan donor pengganti dari keluarga pasien.

“Bila ada permintaan kantong darah, biasanya dibantu dengan donor pengganti dari keluarga pasien tersebut. Donor penggantinya bebas golongan darahnya, untuk membantu stok aj,” kataya (2/6/2020).

“ Sehingga saat ada yang butuh darah segera terlayani,” tegasnya.

Dengan donor pengganti, menurutnya cukup membantu persediaan stok kantong darah di Unit Donor Darah (UDD) PMI Kabupaten Magelang.

“Adapun untuk persediaan kantong darah di PMI Kabupaten Magelang untuk golongan darah A jumlah 15 kantong; golongan darah B jumlah 43 kantong, golongan darah O jumlah 26 kantong dan golongan darah AB jumlah 7 kantong,” paparnya.

Menurut Susi, selama pandemi Covid 19 ini, pihaknya terkendala dalam pelaksanaan donor darah jemput bola ke masyarakat. Dimana saat ini, katanya belum diperbolehkan mengadakan kegiatan yang mengundang banyak masa.

“Dalam keadaan normal tidak pandemi, kami juga mencari atau jemput bola donor darah ke masyarakat. Namun karena hal itu tidak memungkinkan maka pelayanan donor darah dilayani di PMI Kabupaten Magelang di Sayangan Muntilan. Tentunya dengan proses yang steril, untuk mencegah penyebaran Covid 19,” ungkapnya.

Selain itu selama puasa Bulan Ramadhan, PMI Kabupaten Magelang, juga membuka bagi masyarakat yang untuk donor darah. “Dengan ketentuan khusus masyarakat bisa berdonor darah saat bulan Ramadhan. Kami juga mengajak masyarakat agar rutin berdonor darah karena menyehatkan serta bertujuan mulia membantu orang lain,” pungkasnya. (bsn)

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: