Cegah Penularan Corona, Google Maps Bantu Pengguna Hindari Kerumunan

BNews—BOROBUDUR— Di tengah pandemi covid-19, masyarakat diminta untuk menghindari lokasi keramaian untuk menghindari kerumunan. Pemerintah hingga kini mengimbau masyarakat boleh keluar rumah jika terpaksa saja.

Meski demikian, ada beberapa waktu terbaik bila terpaksa harus bepergian dan berada di tengah keramaian. Yakni dengan memperhitungkan kemungkinan waktu off-peak atau di luar puncak kepadatan. Sehingga, risiko tertular virus corona gelombang kedua bisa dimaksimalkan.

Google Maps bisa menjadi pilihan untuk memantau keramaian sebuah lokasi. Aplikasi tersebut menghadirkan fitur ’kapan waktu yang tepat’ apabila ingin berkunjung ke suatu tempat.

Seperti di objek wisata Candi Borobudur hari di Minggu ini (22/11), Google Maps memberikan analisis jam-jam sibuk, ramai hingga biasa dari kunjungan wisatawan. Aplikasi tersebut menyarankan pengunjung untuk datang di jam ’tidak ramai’ yakni pukul 06.00-08.00 WIB.

Kunjungan mulai meningkat pukul 09.00 WIB dengan puncak pukul 11.00 WIB. Data tersebut diambil dari rekam jejak pengguna Google.

Sementara, fitur Google Maps juga bisa digunakan untuk mengetahui saran waktu terbaik untuk berkunjung ke suatu tempat. Misalnya barber shop, kedai kopi, apotik, minimarket, mall, restoran hingga taman.

Berikut cara menggunakan aplikasi Google Maps untuk mengecek seberapa sibuk calon tempat tujuan untuk menghindari kerumunan:

  1. Buka Google Maps
  2. Pilih tempat mana yang akan dikunjungi, misalnya Semesta Area Borobudur
  3. Klik tempat calon tujuan tersebut
  4. Scroll ke bawah hingga melewati deskripsi tempat dan nomor telepon
  5. Baca atau lihat ’jam favorit’
Loading...

Deskripsi akan menampilkan grafik yang berisi jam berapa tempat itu akan ramai dikunjungi. Selain itu, pengguna bisa melihat kemungkinan kunjungan di hari lain dengan menggeser grafik yang ada. (han)

Kaos Deglang

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: